Senin, 12 Mar 2018 18:42 WIB

Riset: Orang Indonesia Paling 'Cerewet' di Medsos

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Screenshoot We Are Social Foto: Screenshoot We Are Social
Jakarta - Indonesia berada di urutan teratas dalam urusan orang-orangnya paling lama nangkring di internet, bahkan khusus media sosial (medsos) orang Indonesia bisa dibilang paling 'cerewet'. Bagaimana bisa?

We Are Social, perusahaan asal Inggris bekerjasama dengan Hootsuite merilis laporan terbaru berjudul 'Essential Insight Into Internet, Social Media, Mobile, and Ecommerce Use Around the World'.

Dilaporkannya bahwa saat ini per Januari 2018 sebagaimana detikINET kutip Senin (12/3/2018) ada 7,593 miliar populasi Bumi yang 4,021 miliar orang diantaranya memiliki akses ke dunia maya. Fakta lainnya ditemukan kalau 3,196 miliar orang di dunia terbilang aktif di medsos.


Berdasarkan dari berbagai perangkat, Thailand menjadi negara yang warganya paling banyak menghabiskan berkegiatan di internet per harinya. Orang Thailand rata-rata nongkrong di internet selama sembilan jam 38 menit.

Kemudian Filipina ada di urutan ke dua dengan sembilan jam 29 menit, diikuti oleh Brasil dengan sembilan jam 14 menit, Indonesia dengan delapan jam 51 menit, dan Afrika Selatan delapan jam 32 menit.

Bicara Medsos, Orang Indonesia Termasuk Paling 'Cerewet' di DuniaSurvei negara yang warganya paling banyak menghabiskan waktu di medsos. Foto: Screenshoot We Are Social


Bila itu dari berbagai perangkat, kalau lebih spesifik lagi yang berdasarkan perangkat mobile internet, maka rangking Indonesia lebih unggul dibandingkan negara lainnya di dunia.

Untuk posisi pertama masih dipegang Thailand yang warganya menyempatkan waktu rata-rata empat jam 46 menit di dunia maya. Dibelakangnya ada, Brasil dengan empat jam 21 menit, Indonesia dengan empat jam 17 menit, Filipina dengan empat jam 13 menit, dan Nigeria dengan empat jam 05 menit.

We Are Social mengungkapkan dari 3,196 miliar pengguna yang aktif di medsos, menandakan 42% total populasi di dunia ini memiliki aktivitas di jejaring sosial dunia maya.


Berbicara penetrasi, Uni Emirat Arab jadi negara paling tinggi dengan 99%. Sedangkan untuk Indonesia di sekitar 49% yang berdampingan dengan Rusia 47%, Jerman 46%, Polandia 45% dan Maroko 44%.

Namun, kalau berdasarkan waktu paling lama berkecimpung di medsos, Indonesia ada yang ditempat teratas. Filipina menempati posisi jawara dengan rata-rata waktu tiga jam 57 menit, lalu Brasil dengan waktu tiga jam 39 menit, Indonesia dengan waktu tiga jam 23 menit, Thailand dengan waktu tiga jam 10 menit, dan Argentina dengan waktu tiga jam 09 menit.

We Are Social menempatkan Facebook sebagai platform yang paling diminati di dunia sebanyak 2,167 miliar user. YouTube ada di urutan kedua sebanyak 1,5 miliar user, kemudian WhatsApp 1,3 miliar user, FB Messenger 1,3 miliar user, WeChat 980 juta usert, QQ 843 juta user, Instagram 800 juta user, dan Tumblr 794 juta user, Qzone 568 juta user, dan Sina Weibo 376 juta user. (agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed