Senin, 05 Mar 2018 12:20 WIB

Kominfo: Akun Medsos Terverifikasi Aman dari Pemblokiran

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Pemblokiran akun media sosial, terutama untuk sebagian orang yang memiliki follower atau memiliki nama tenar, tentu mengundang rasa amarah. Bagaimana hal itu bisa diantisipasi?

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan, mengungkapkan jurus jitu agar akun media sosial tak diblokir oleh penyelenggara platform.

Disampaikannya, akun pemilik jejaring sosial, baik itu di Facebook, Twitter, maupun Instagram, diupayakan untuk meminta verifikasi kepada yang empunya platform. Hal itu akan menjadi tameng dari pemblokiran langsung, apabila ada laporan terhadap pemilik akun.

"Akun yang terverifikasi itu tidak bisa diblok. Mesin bekerja secara otomatis berdasarkan algoritma, kalau ada laporan terhadap akun tersebut dan memenuhi unsur karena ada pelanggaran, maka terblok," ucapnya ditemui detikINET di coworking space Ke{m}bali, Seminyak, Bali.


Itu artinya, tanda centang biru ini bukan hanya soal ciri bahwa akun jejaring sosial tersebut adalah asli. Namun juga, bisa terhindar dari pemblokiran secara langsung.

"Tapi kalau terverifikasi, ini pemilik platform akan tanya, ini akun kenapa? benar tidak, jadi ada di-review dulu. Akun media sosial yang terverifikasi itu semacam diberi shield," kata Semuel menambahkan.

Dirjen Aptikan menyebutkan akun media sosial yang ingin dicentang biru ini biasanya dilakukan bagi mereka yang memiliki jumlah followers terbanyak maupun memiliki nama.



Proses untuk mendapatkan verifikasi ini, kata Semuel, sangat ketat dan memakan waktu. Selain itu, tergantung dari platform jejaring sosial masing-masing soal ketentuan terkait akun pengguna yang ingin memiliki centang biru di sebelahnya.

"Tergantung platform, mereka butuh pengecekan lagi sebelum memberi verifikasi, benar nggak nih orangnya. Kalau benar, baru dikasih centang biru. Mau ada laporan sejuta juga, kalau nggak di-review dulu dari platform, itu nggak akan diblokir," ujar pria yang disapa Semmy ini. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed