BERITA TERBARU
Sabtu, 13 Jan 2018 21:17 WIB

Ini Tips Sukses Startup dari Jawara The NextDev 2017

Usman Hadi - detikInet
Foto: Usman Hadi/detikINET Foto: Usman Hadi/detikINET
Yogyakarta - Juara The NextDev 2017 kategori transportasi, Marlin Booking, membagikan tips buat anak-anak muda dan startup pemula. Kunci sukses tersebut adalah tidak takut gagal dan terus mencoba menuangkan gagasan yang ada di dalam kepala.

"Banyak orang memiliki ide, tapi hanya sebatas ide," kata CEO Marlin Booking, Ali Sadikin disela-sela grand opening Marlin Branch Office Yogyakarta di Jalan Sidokarto No 11-12, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (13/1/2018).

"Kalau berpikir terlalu panjang 'ini nanti kayak gini gimana, kalau kayak gini gimana' (tidak akan jalan). Saran saya ya lebih banyak action, seiring jalan diperbaiki," lanjut startup asal Batam ini.

Dalam kesempatan ini, Ali juga membeberkan alasannya mengikuti The NextDev 2017 yang diselenggarakan Telkomsel. Ali melihat Telkomsel memang sepenuhnya mendukung anak-anak muda di Indonesia terutama bayi para startup.

"Kayak sekarang mereka membantu promosi segala macam. Kalau dibandingkan kompetensi yang lain ini yang paling care, karena mereka juga perusahaan milik Indonesia yang sangat care dengan perkembangan di Indonesia sendiri," paparnya.

Foto: Usman Hadi/detikINET

Oleh sebab itu, Ali mengaku beruntung bisa ambil bagian di The NextDev 2017. Apalagi diakhir kompetisi dia dengan Marlin Booking-nya berhasil menjuarai kategori transportasi.

"Kita sangat beruntung bisa mengikuti The NextDev Telkomsel ini. Kemudian bulan depan Telkomsel juga akan (mengadakan) management trip ke Bali. Di situ kita akan banyak belajar dari orang-orang (yang mempuni)," sebutnya.

Tak hanya itu, sebagai salah satu pemenang, Marlin Booking juga berhak mengikuti The NextDev Academy. Ali berharap, The NextDev Academy dapat menghadirkan mentor yang benar-benar dibutuhkan Marlin Booking supaya cepat berkembang.

"Harapannya (di The NextDev Academy) mendapatkan mentor yang sesuai dengan Marlin booking ini. Jadi dia bisa memberi saran yang kena begitu, karena dia punya pengalaman sebelumnya," harapnya.

"Mungkin pengalaman di Feri belum ada ya, karena kita satu-satunya yang pertama. Mungkin (didatangkan mentor) yang berhubungan dengan transportasi," lanjutnya.

Selain pendampingan, Ali juga mengaku sangat terbantu dengan marketing atau publisitas yang diberikan pihak Telkomsel. Sebab, menurutnya ekspos buat juara The NextDev sangat tinggi, sehingga startup yang menjadi juara langsung dikenal publik.

"Sebenarnya dengan masuknya The NextDev eksposnya sangat tinggi. Kita secara nasional banyak dikenal. Belum mulai saja (The NextDev Academy) sudah begini, saya yakin kalau mulai lebih power full lagi perkembangannya," pungkasnya. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed