Sabtu, 06 Jan 2018 14:02 WIB

Twitter Ungkap Alasan Tak Bisa Blokir Donald Trump

Fino Yurio Kristo - detikInet
Donald Trump. Foto: REUTERS/Carlos Barria Donald Trump. Foto: REUTERS/Carlos Barria
Washington - Beberapa pihak berharap agar Twitter memblokir akun presiden Amerika Serikat Donald Trump. Alasannya karena Trump kadang menulis tweet sembarangan. Namun pihak Twitter memastikan tidak bisa melakukannya. Kenapa?

Dikutip detikINET dari Reuters, Twitter menyatakan bahwa akun yang dimiliki para pemimpin dunia diperlakukan secara berbeda. Sebab, meskipun kontroversial, informasi dari mereka dibutuhkan oleh orang-orang.

"Memblokir pemimpin dunia dari Twitter atau menghapus tweet kontroversial mereka akan menyembunyikan informasi penting yang seharusnya bisa dilihat dan didebat orang-orang," tandas Twitter di blog resmi mereka.

Sebelumnya pada September tahun lalu, layanan yang dipimpin CEO Jack Dorsey itu juga menjelaskan ada beberapa pertimbangan sebelum menghapus akun seseorang. Di antaranya soal apakah dia menjadi bahan berita atau tweet-nya menarik untuk publik.

Permintaan untuk menghapus akun Trump kembali ramai karena sang presiden menyatakan di Twitter bahwa dia memiliki senjata nuklir yang jauh lebih besar dan powerful dibandingkan milik pemimpin Korut Kim Jong Un.

Kritik menyatakan Trump menggunakan Twitter untuk menebar ancaman dan kekerasan. Beberapa orang bahkan demo di kantor Twitter di San Francisco terkait hal tersebut.

Twitter menegaskan pihaknya tetap melakukan review tweet para pemimpin dunia dan juga menegakkan aturan pada mereka meski ada perkecualian seperti tersebut di atas. Jadi tetap ada kemungkinan ada konten diblokir jika menyalahi aturan. "Kami bekerja keras untuk tetap tidak bias," kata mereka.

Twitter sudah sejak lama menjadi media sosial favorit Trump. Saat ini, dia punya sekitar 46 juta follower di situs berlambang burung tersebut. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed