Kamis, 07 Des 2017 13:44 WIB

Terlalu Fluktuatif, Bayar Pakai Bitcoin Ditolak

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Simbol Bitcoin. Foto: Reuters Simbol Bitcoin. Foto: Reuters
FOKUS BERITA Fenomena Bitcoin
Jakarta - Valve kini tak lagi menerima pembayaran menggunakan Bitcoin di jejaring game Steam. Apa penyebabnya?

Menurut Valve, pembayaran dengan Bitcoin mempunyai biaya transaksi yang tinggi, yaitu mulai dari 20 sen sampai USD 20. Tak cuma itu, menurut Steam mata uang digital ini mempunyai volatilitas yang terlalu tinggi, alias fluktuasinya terlalu tinggi.

Nilai tukar Bitcoin sejak dulu sebenarnya memang tak pernah stabil. Namun belakangan ini nilai tukarnya benar-benar terlalu fluktuatif. Saat tulisan ini dibuat, nilai 1 bitcoin setara dengan USD 13.300.

Fluktuasi nilai Bitcoin yang jadi masalah itu tak melulu karena nilainya terus meningkat. Menurut Valve, nilai Bitcoin pernah jeblok 25% dalam hitungan hari, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Kamis (7/12/2017).

Hal ini menjadi masalah besar bagi pengguna Steam saat melakukan transaksi, yaitu saat melakukan pembelian dan transaksinya tak segera diselesaikan. Nilai Bitcoinnya bisa saja berubah dalam rentang waktu tersebut, dan ketika nilainya berubah, maka akan terjadi transaksi kedua yang juga membutuhkan biaya tambahan.

Valve memang belum menutup pintunya rapat-rapat untuk Bitcoin, karena bisa saja di masa yang akan datang mereka akan kembali menerima pembayaran menggunakan mata uang digital tersebut. Meski tampaknya hal itu tak akan terjadi dalam waktu dekat. (asj/fyk)
FOKUS BERITA Fenomena Bitcoin
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed