Rabu, 06 Des 2017 19:24 WIB

India Penyumbang Startup Terbesar Kedua di Dunia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Berbicara soal startup digital, maka kiblatnya akan otomatis mengarah ke Silicon Valley, Amerika Serikat. Di samping itu, ternyata India juga gencar melahirkan startup hingga menempati salah satu penyumbang terbesar di dunia.

Fakta itu disampaikan oleh Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat di konferensi pers India-ASEAN ICT Expo 2017 yang berlangsung dua hari di Hotel Shangri-La, Jakarta.

"India merupakan penyumbang startup terbesar kedua di dunia di belakang Amerika Serikat," kata Pradeep, Rabu (6/12/2017).

Tercatat, Amerika Serikat berkontribusi melahirkan 28.611 startup, India 8.000 startup, Inggris 2.942 startup, Indonesia 1.646, dan Kanada dengan 1.522 startup.

Meski India mampu mencetak 8.000 startup tapi yang masuk dalam kategori unicorn masih terbilang kecil, yaitu sekitar 10 startup.

Sedangkan Indonesia sudah ada tiga unicorn meliputi Go-Jek, Traveloka, dan Tokopedia. Gelar unicorn ini ditujukan kepada startup yang mempunyai valuasi bisnis lebih dari USD 1 miliar.

Pradeep menjelaskan ribuan startup asal Negeri Bollywood ini tercipta karena dukungan berbagai faktor. "Ada SDM, kebijakan pemerintah, pendidikan, finansial, dan banyak local problem yang jadi bisa menyajikan solusi," kata Pradeep. (jsn/rou)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed