BERITA TERBARU
Selasa, 21 Nov 2017 11:32 WIB

Uber Borong 24 Ribu SUV Volvo, Buat Apa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Volvo Foto: Volvo
Jakarta - Uber akan membeli 24 ribu unit sport utility vehicle (SUV) Volvo XC90, yang akan digunakan untuk membentuk armada mobil otonomnya. Uber memang berambisi memiliki armada taksi online yang bisa berjalan otomatis tanpa bantuan pengemudi manusia.

XC90, yang harganya USD 45.750, akan diterima Uber dalam rentang waktu 2019 sampai 2021. Mobil ini dipilih karena sudah mempunyai teknologi inti untuk mobil otonom, dan membuat Uber bisa menambahkan fitur mobil otonomnya sendiri.

"Perjanjian ini memasukkan kami dalam jalur untuk memproduksi mobil otonom secara massal," ujar Jeff Miller, head of auto alliances di Uber, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (21/11/2017).

Volvo menyebut XC90 yang dibeli Uber itu dikembangkan oleh engineer dari kedua perusahaan, Volvo dan Uber. Mobil ini pun sebelumnya sudah diuji coba oleh Uber di sejumlah area di Amerika Serikat, salah satunya Pittsburgh.

Kerja sama antara Uber dan Volvo sendiri sudah berlangsung sejak Agustus 2016. Selain Volvo, Uber pun punya sebuah armada kecil yang berisi mobil otonom bikinan pabrikan lain, yaitu Ford Fusion.

Selain dari kerja samanya dengan Uber, Volvo juga menjadwalkan akan merilis mobil otonomnya pada 2021 mendatang, dan mobil ini akan menggunakan basis dari mobil yang saat ini sedang dikembangkan tersebut. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed