Rabu, 08 Nov 2017 07:45 WIB

Selamat Tinggal 140 Karakter Twitter

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Reuters/Kacper Pempel Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta - Ucapkan selamat tinggal pada batasan 140 karakter yang selama ini menjadi ciri khas Twitter. Pengguna kini bisa lebih leluasa ngetweet, karena batasannya telah resmi diperluas menjadi 280 karakter.

Setelah melakukan uji coba pada September lalu, hari ini Twitter melalui blognya mengumumkan ketersediaan upgrade 280 karakter bagi seluruh pengguna secara global.

"Lebih banyak ruang akan memudahkan orang untuk menyampaikan pikirannya melalui sebuah tweet. Jadi mulai sekarang, mereka bisa mengatakan apa yang mereka ingin katakan dan mengirim tweet lebih cepat dari sebelumnya," kata Twitter seperti dikutip detikINET dari blognya, Rabu (8/11/2017).

Dalam uji coba yang dilakukannya, dengan batasan 140 karakter, sebanyak 9% tweet melampaui batasan tersebut. Alhasil, pengguna masih akan menyingkat kata agar tweet-nya tersampaikan.

Sebaliknya selama pengujian dengan batasan 280 karakter, hanya 1% yang melampauinya, sehingga Twitter menyimpulkan ini adalah batasan karakter ideal.

Perluasan batasan karakter ini berlaku untuk seluruh bahasa di dunia, kecuali Jepang, Korea, dan China. Hasil riset Twitter menyebutkan, bahasa Asia lebih ringkas dan memungkinkan karakter lebih sedikit untuk menyampaikan isi pikiran.

Rencana penghapusan batasan 140 karakter sudah pernah beredar beberapa tahun sebelumnya. Tidak mudah bagi Twitter untuk menyenangkan semua orang, sehingga muncul pro kontra di kalangan netizen.

Baru mendengar rencananya saja, sebagian pengguna sudah memprotes Twitter karena tidak rela kehilangan batasan 140 karakter yang sudah menjadi ciri khas Twitter.

Nah, Twitter jadi 280 karakter, menurut kalian bagaimana?

Saksikan video Twitter Umumkan Perluasan 280 Karakter di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Tonton juga video lainnya di 20detik! (rns/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed