Kamis, 02 Nov 2017 15:18 WIB

Melongok Serunya Perburuan Planet-planet Mirip Bumi

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi. Foto: NASA Ilustrasi. Foto: NASA
Jakarta - Banyak sekali planet di alam semesta ini. Beberapa diyakini dapat dihuni oleh manusia. Perkara bisa ke sana atau tidak, tentu masih sangat jauh di masa depan.

Ribuan planet yang sudah teridentfikasi tergabung dalam sebuah katalog yang dibuat menggunakan Robovetter. Alat tersebut berfungsi sebagai analis terhadap temuan-temuan proyek Kepler yang dicanangkan NASA selama empat tahun terakhir.

"Kami persembahkan katalog Kepler Object of Interest (KOI) berisi kumpulan exoplanet berdasarkan empat tahun penjelajahan Kepler. Katalog ini berisi 8.054 KOI, dengan 4.034 kandidat planet di antaranya memiliki periode rotasi 0,25 hingga 632 hari dalam satu tahun," sebut NASA.

Sejauh ini, sudah ada sekitar 2.300 obyek terkonfirmasi sebagai planet dari misi Kepler. Termasuk 30 planet yang berada di Zona Goldilocks atau zona layak huni, di mana jarak dari bintang mereka memungkinkan tersedianya air pada permukaan planet tersebut.

Dengan temuan terbaru, maka paling tidak terdapat 50 planet yang punya kemungkinan mirip Bumi yang diketahui berada di zona layak huni, seperti dilansir detikINET dari Mirror pada Kamis (2/11/2017). Tapi belum dapat diketahui apakah ada kehidupan di sana.

"Penemuan tersebut dapat meningkatkan pemahaman terhadap frekuensi dan perbedaan planet serta galaksi. Selain itu, juga dapat menambah pengetahuan mengenai bagaimana planet dapat terbentuk," ujar Mario Perez, peneliti yang tergabung dalam misi Kepler.

Planet yang paling dekat dengan bumi adalah obyek yang dinamai K77-11. Ilmuwan mengatakan bahwa planet ini menerima energi yang sama dari bintangnya seperti bumi dari matahari.

Diungkap pula temuan bahwa alam semesta cenderung memiliki planet berbatu yang besar, dengan alasan yang belum diketahui. Dengan ukuran 75% lebih besar dari bumi. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed