Pertama Kali di Indonesia, Siaran Langsung Olahraga Pakai Jaringan 4,5G

Pertama Kali di Indonesia, Siaran Langsung Olahraga Pakai Jaringan 4,5G

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 29 Okt 2017 17:18 WIB
Foto: internet
Jakarta - XL Axiata ambil bagian dalam ajang Jakarta Marathon 2017. Mereka memberikan dukungan berupa penyediaan akses internet berkecepatan tinggi untuk siaran langsung perlombaan tersebut.

Operator seluler yang identik berwarna biru itu mengerahkan jaringan data 4,5G untuk mendukung penyelenggaraan siaran langsung televisi di sepanjang jalannya lomba lari yang berjarak 42,195 km itu. Umumnya, stasiun televisi menggunakan jaringan satelit untuk melakukan siaran langsung seperti ini.

"Penggunaan jaringan 4,5G untuk menyiarkan secara langsung jalannya suatu cabang olahraga baru kali ini dilakukan di Indonesia. ," kata Rahmadi Mulyohartono, Vice President LTE XL Axiata dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Minggu (29/10/2017).

Selain penyediaan jaringan untuk siaran langsung stasiun televisi, XL pun melakukan antisipasi bilamana terjadi lonjakan trafik terutama di sepanjang rute lomba. Seperti diketahui sebanyak lebih 16 ribu peserta mengikuti ajang ini belum lagi ditambah masyarakat yang menyaksikannya.

Jakarta Marathon sendiri merupakan lomba lari bertaraf internasional yang pertama hadir di Indonesia dan diinisiasi oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (kini Presiden RI). Sejak pertama kali diadakan pada 27 Oktober 2013, event ini telah selalu diikuti oleh ribuan peserta dan di antaranya terdapat para pelari profesional dari berbagai negara.

Jakarta Marathon telah memperoleh sertifikasi dari International Association of Athletics Federations (IAAF) dan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS) dengan level elevasi 0 m/km yang berlaku selama 5 tahun sejak 2013. Jalur lomba lari akan melalui berbagai ciri khas atau simbol kota Jakarta seperti Kota Tua, Pasar Baroe, Gereja Kathedral Jakarta, Masjid Istiqlal, Bundaran HI, Patung Pancoran, dan Stadion GBK Senayan. (afr/afr)