Selasa, 17 Okt 2017 17:15 WIB

Sudah Rp 2,6 Miliar Duit Patungan Buat Pesawat Habibie

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Hasan Alhabshy/detikcom Foto: Hasan Alhabshy/detikcom
Jakarta - Crowdfunding untuk pesawat R80 yang digagas oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) sampai pada pencapaian baru. Selasa (17/10) pukul 17.00 WIB telah terkumpul dana Rp 2.660.227.894 dari 7.105 orang donatur.

Pencapaian ini sekaligus menjadi rekor terbaru dalam crowdfunding non sosial di Indonesia. Dana yang disumbangkan donatur bermacam-macam mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 500 juta. Berbagai komentar semangat dan harapan dari para donatur terpampang di laman Kitabisa.com/pesawatr80.

"Sukses terus R80 sebagai Jagoan Baru nya Industri Dirgantara RI. Menuju Indonesia Maju!" kata donatur bernama Inggrid Christine Wennusia.

"R80 segera mengudara! Ayo buat jet juga! Indonesia butuh banyak jembatan udara!" kata donatur lain bernama Wahyu Bhakti.

Antusiasme dan rasa bangga juga diperlihatkan netizen di berbagai media sosial yang digunakan kampanye crowdfunding pesawat R80.

"Udah kadung nyantol hati saya utk presiden BJ Habibie, jadi apapun yg digagas beliau sepertinya tidak ada penolakan dari diri kami, ketulusan membangun negeri lewat karya nyata bidang dirgantara. Smg semua org dlm projek ini mendapat support maksimal dr rakyat Indonesia. Salam hangat utk Mr. Presiden Habibie we love you and we love R80 Team," kata netizen dengan nama akun Facebook Steel Yasa.

"Saya mendukung program ini, sebab SAYA BANGGA dan CINTA INDONESIA," komentar netizen lain bernama Paimin Marbun.

"Setiap donasi akan tercatat sebagai kebaikan dan pahala karena nantinya hasil karya anak bangsa ini akan menjadi kebutuhan publik, setiap orang yg memanfaatkan nantinya orang yang berdonasi akan dapat kebaikan dan pahala," sebut Fauzan Farel Ivander.

Secara resmi RAI menjalin hubungan kerjasama dengan Kitabisa.com, selaku platform crowdfunding terpercaya. Dengan demikian, publik bisa ikut menjadi bagian dan mendukung pengembangan program pesawat R80.

Caranya, donatur bisa mengakses Kitabisa.com/pesawatR80. Keterlibatan publik dalam crowdfunding selain untuk membantu kegiatan preliminary design Pesawat R80, juga merupakan bentuk kampanye agar masyarakat luas mengetahui upaya pembangunan industri dirgantara nasional buatan anak bangsa ini.

Harapannya, setiap dukungan dari masyarakat Indonesia akan menaikkan kemungkinan R80 mendapat investasi dan dukungan pemerintah. Berdasarkan baseline master plan R80, prototype R80 akan diuji-terbangkan pada tahun 2022.

Setelah melewati proses sertifikasi, R80 akan diproduksi secara massal pada 2025. Dukungan publik sangat dibutuhkan, sehingga baseline master plan pengembangan R80 dapat berjalan sesuai rencana.

Sebagai bagian dari kampanye penggalangan dana proyek pesawat R80, PT RAI dan Kitabisa.com juga mengajak sejumlah public figure dan influencer ikut serta. Nama yang terlibat antara lain Andien Aisyah, Ippho Santosa, Nadine Chandrawinata, Melanie Subono, Andovi Da Lopez, Fathia Izzati, Kemal Pahlevi, dan masih banyak lagi. (rns/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed