Selasa, 12 Sep 2017 08:32 WIB

Kecerdasan Buatan Bisa Deteksi Seks Menyimpang

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Ilustrasi. Foto: istimewa Ilustrasi. Foto: istimewa
Jakarta - Pengembangan Artificial Intelligence (AI) atau bisa juga disebut kecerdasan buatan semakin hari makin canggih. Bahkan, sekumpulan peneliti berhasil menciptakan AI yang mampu medeteksi apakah seseorang punya orientasi seks menyimpang atau tidak.

Menariknya, dalam mendeteksi AI ini hanya perlu memindai wajah seseorang. Adapun studi kontroversional ini dilakukan oleh peneliti yang tergabung di Universitas Standford di Amerika Serikat.

Secara garis besar AI ini memiliki algoritma yang dapat membaca konstruksi wajah secara langsung atau dari foto. Penelitian ini pun telah dipublikasikan di Journal of Personality Social Psychology.

Dalam menggarap algoritma bertajuk VGG-Face, peneliti menggunakan 130.741 foto dari 36.630 pria dan 170.360 foto dari 38.593 wanita yang diambil dari situs kencan di Amerika Serikat. Selanjutnya dilakukan uji coba terhadap 35.326 foto.

Hasilnya cukup mengejutkan. AI mampu menebak dengan keakuratan 81% untuk pria dan 74% untuk wanita, apakah mereka punya orientasi menyimpang atau normal. Lebih canggihnya lagi, seperti dikutip detikINET dari Tech Viral, Selasa (12/9/2017), ketika uji coba dipersempit menjadi lima foto, tingkat keakuratan berada di persentase 83% sampai 91%.

Peneliti pun menyimpulkan, sesuai dengan teori hormon prenatal terkait orientasi seksual, laki-laki dan perempuan menyimpang cenderung punya morfologi wajah, eskpresi, dan gaya berdandan sendiri. Gay pria punya rahang yang lebih tipis dan ramping, serta hidung yang panjang. Sedangkan perempuan lesbi punya rahang yang besar dan muka yang kecil dibanding wanita pada umumnya.

(mag/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed