BERITA TERBARU
Kamis, 31 Agu 2017 17:05 WIB

Menkominfo: Coba Pakai Pesan Kita, Aman Seperti Telegram

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Aplikasi layanan pesan instan menjadi keniscayaan untuk digunakan sebagai sarana komunikasi setelah era kejayaan SMS berlalu. Berbagai layanan pesan instan populer di Indonesia, tapi yang disayangkan hampir semuanya bukan buatan lokal.

Sebut saja WhatsApp, Line, Telegram, WeChat, hingga Google Talk sering menjadi pilihan populer masyarakat untuk berkomunikasi. Padahal ada layanan serupa yang tak kalah dengan dari mereka.

Terbaru adalah Pesan Kita atau yang disingkat PS. Bahkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memuji PS karena menurutnya keamanannya bisa disetarakan dengan Telegram.
Pesan Kita, Aplikasi Lokal Digadang Seaman Telegram Foto: istimewa

Menkominfo mengatakan bahwa saat ini ia sering mengutamakan penggunaan layanan pesan instan dalam negeri, khususnya Pesan Kita.

"Chatting-nya pakai nasional kita. Nanti saya nggak akan jawab WA teman-teman. Saya pakai PS, itu security-nya bagus, nggak kalah sama Telegram," ujar Rudiantara di Jakarta.

Sebagai informasi, Telegram merupakan layanan yang mengusung enkripsi tingkat tinggi. Maka tak heran, berbagai negara sering kewalahan dibuatnya, salah satunya Indonesia beberapa waktu lalu yang menilai Telegram menjadi media terorisme.

Saat ditanya apakah Menkominfo akan merespon apabila menggunakan layanan messaging lokal lain semacam Catfiz? "Bisa saja yang mana saja, kalau ada pertanyaan dari wartawan, saya nggak jawab kalau pakai WA," kata pria yang disapa Chief RA ini.

PS sendiri belum tersedia di App Store, hanya ada di Play Store. Berdasarkan informasi di Play Store, PS mengumumkan bahwa dirinya sebagai aplikasi berkirim pesan yang aman dan gratis.

"Pembuatan dan penggunaan aplikasi PeSankita Indonesia (PS) untuk mendukung kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mewujudkan kedaulatan bangsa Indonesia melalui kemandirian teknologi," ujar pihak PS.

Selain PS dan Catfiz, aplikasi yang menawarkan messaging chat buatan lokal lain yang sudah hadir di antaranya Yogrt hingga Indonesia Messenger atau IMES. (fyk/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed