Kamis, 10 Agu 2017 12:23 WIB

Facebook Watch Siap Usik Hegemoni YouTube

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Irna Prihandini/detikINET Foto: Irna Prihandini/detikINET
Jakarta - Facebook punya rumah baru untuk konten original yang diproduksi secara eksklusif oleh kreator konten yang bekerjasama dengannya. Tayangan ini akan ditampilkan pada sebuah tab baru di Facebook bernama 'Watch'.

Dikutip detikINET dari Tech Crunch, Kamis (10/8/2017), mirip seperti televisi ataupun YouTube, Watch menawarkan sejumlah tayangan yang bisa dinikmati di desktop maupun di aplikasi Facebook.

Watch punya fitur rekomendasi tontonan yang dipersonalisasi dan sejumlah tab seperti 'Most Talked About', 'What's Making People Laugh' serta 'Shows Your Friends Are Watching.'

Ada juga fitur Watchlist yang memastikan kita selalu update dan tidak terlewat episode baru dari tayangan favorit. Para penggemar sebuah tayangan bisa saling terkoneksi melalui sebuah fitur yang menghubungkan tayangan tersebut ke Groups.

Selain itu, kreator konten juga bisa membagi tayangan mereka ke News Feed Facebook sehingga mudah ditemukan oleh pengguna. Selain memperkaya konten, ini adalah cara Facebook meraup keuntungan dari iklan.


Adapun hitung-hitungan pembagiannya kira-kira seperti berikut, para kreator konten akan mendapatkan 55% pendapatan dari jeda iklan, sedangkan Facebook mendapatkan 45% sisanya.

Sejauh ini, Facebook baru merencanakan Watch bisa diakses oleh pengguna Facebook di Amerika Serikat, sebelum ketersediaannya diperluas secara internasional. Belum diketahui kapan konten Watch perdana tayang. (rns/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed