Jumat, 28 Jul 2017 10:20 WIB

Bill Gates Tak Lagi Orang Terkaya, Ini Dia Penggantinya

Rachmatunnisa - detikInet
Jeff Bezos (Foto: istimewa) Jeff Bezos (Foto: istimewa)
Jakarta - Sesuai prediksi, pendiri sekaligus CEO Amazon Jeff Bezos akhirnya mengambil alih tahta pendiri Microsoft Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia.

Bezos melampaui Gates yang telah menjadi orang terkaya di dunia sejak 2013, berkat melonjaknya nilai saham Amazon pada Kamis (27/7/2017) malam waktu Amerika Serikat.

Berdasarkan data yang diungkap Forbes, lonjakan tersebut mendongkrak nilai kekayaan Bezos menjadi USD 91 miliar atau Rp 1.212 triliun. Pria berkepala pelontos ini mengungguli kekayaan Gates yang saat ini berjumlah USD 90 miliar atau Rp 1.198 triliun.

Bezos memang sudah lama menguntit Gates dengan bercokol di urutan kedua orang terkaya dunia. Posisi Bill Gates sebagai orang terkaya sejagat memang sudah diprediksi bakal tersalip sewaktu-waktu oleh Bezos.

Kesempatan menjadi orang terkaya sejagat sangat mungkin diraih Bezos mengingat saham Amazon yang kian moncer. Juni lalu, Amazon baru saja mengumumkan pembelian retail makanan Whole Food yang membuat harga saham mereka melonjak. Pembelian ini menambah pundi kekayaan bersih Bezos senilai USD 1,8 miliar.

Baca juga: Duh, Bos Amazon Kalahkan Bill Gates Cuma Sebentar

Bezos punya modal lain untuk itu. Pria berusia 53 tahun ini fokus memperluas bisnis Amazon secara agresif. Sementara Gates, yang kini berusia 61 tahun, lebih banyak memberikan uangnya untuk berbagai misi sosial. Namun banyak yang meyakini, 'hobi' Gates berfilantropi justru membuat hartanya tak habis-habis.

Saksikan video 20detik mengenai Bill Gates di sini:


Pada 2010, Gates mendirikan Giving Pledge dengan ahli investasi Warren Buffett, orang terkaya dunia nomor empat. Giving Pledge berkomitmen meminta para miliuner memberikan setidaknya setengah dari harta mereka seumur hidupnya. Lebih dari 150 miliuner menandatangani komitmen ini, namun tidak termasuk Bezos di dalamnya.

Gates mundur sebagai CEO Microsoft pada 2000. Setelahnya, dia menghabiskan waktunya fokus pada kegiatan filantropi bersama istrinya Melinda. Gates masih punya lebih dari 2% saham di Microsoft, jadi hartanya masih akan naik. Sementara Bezos, jelas bahwa bisnisnya masih terus bersinar.

Melihat selisih kekayaan keduanya 'cuma' USD 1 miliar. Keduanya diperkirakan akan saling menyusul di deretan orang terkaya sejagat. (rns/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed