Rabu, 26 Jul 2017 18:12 WIB

Pinjam Uang Kini Bisa Online

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Ketersediaan layanan financial technology (fintech) kian beragam di Indonesia. Tak hanya sistem pembayaran yang tersedia, kini meminjam uang pun bisa dilakukan secara online.

Penyedia layanan tersebut adalah TunaiKita. Merupakah buah kolaborasi Wecash Global, Kresna Graha Investama dan Jas Kapital. Mereka mengklaim menjadi yang pertama di Indonesia.

TunaiKita lahir Februari silam, namun baru merilis aplikasi Android versi beta pada 22 Mei 2017. Meski terhitung baru, layanan pinjam uang online ini mengaku menuai respon positif.

"Saat ini telah lebih dari 30 ribu pengunduh. Sebanyak 9.000 orang yang telah melakukan pengajuan," klaim James Chan, CEO TunaiKita saat acara peluncuran di Jakarta, Rabu (26/11/2017).

TunaiKita menawarkan pinjaman tanpa angunan. Mereka hanya mensyaratkan memasukan KTP dan NPWP saat melakukan registrasi. Setelahnya sistem robot yang mereka miliki akan memverifikasi calon peminjam, apakah mereka berhak mendapat pinjaman atau tidak.

"Saat ini lamanya verifikasi 1-2 hari, tapi kami berupaya lebih cepat. Jika di China bisa dua detik, kami ingin 2-3 menit," kata James.

Saat ini TunaiKita menawarkan pinjaman maksimal Rp 10 juta. Adapun tenornya 3, 4 dan 6 bulan. Adapun jumlah bunga pinjaman yang dikenakan tergantung data yang dimasukkan calon peminjam.

"Perhitungan bunga ditentukan robot. Semakin calon peminjam memasukan data yang lebih lengkap, tingkat bunga bisa semakin kecil, kisaran 0-2%," kata Andry Huzain, COO TunaiKita di tempat yang sama.

Pihak TunaiKita berharap dapat memberikan bantuan finansial kepada 140 juta orang di Indonesia. Mereka menargetkan dapat mengucurkan Rp 40 miliar pinjaman. (afr/fyk)