BERITA TERBARU
Senin, 22 Mei 2017 09:03 WIB

Resep Startup Sukses ala Bu Risma: Jangan Minder!

Zaenal Effendi - detikInet
Foto: detikINET/Zaenal Effendi Foto: detikINET/Zaenal Effendi
Surabaya - Bikin startup itu tidak sulit. Asal tidak malu berkolaborasi serta tidak berhenti berinovasi. Plus, jangan minder. Resep ini disampaikan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di ajang Geekfest 2017.

Bu Risma, panggilan akrabnya, duduk menjadi pembicara untuk memberikan motivasi di hadapan ratusan anak muda kreatif bersama aktor sekaligus CEO Layaria, Dennis Adhiswara, serta CEO Kibar Yansen Kamto.

Mereka memberikan semangat serta menularkan 'virus' bagaimana menjadi startup yang baik.

"Kalau bangsa kita mau bersaing masyarakatnya harus inovatif dan dia tidak akan minder. Kalau pintar dia akan berhenti, kalau inovatif dia akan terus berkembang," kata Risma saat memberi motivasi di Geekfest 2017, Minggu (21/5/2017).

Risma juga mengungkapkan salah satu tujuannya membangun banyak fasilitas umum maupun pemberian pelatihan untuk memberikan kesempatan warga Surabaya agar memanfaatkan fasilitas.

"Saya buat, ruang publik taman, rumah bahasa, rumah matematika supaya mereka bisa ketemu dan berkolaborasi," ungkap dia.

Wali Kota wanita pertama di Surabaya ini juga mengatakan tidak ada ilmu yang tidak berguna. "Semua ilmu pasti berguna kalau kita berkolaborasi dan tidak malu bertanya," imbuh Risma.

Resep Bikin Startup ala Bu Risma: Jangan Minder!Foto: detikINET/Zaenal Effendi


Dennis Adhiswara juga setuju dengan Bu Risma tentang pentingnya kolaborasi dalam menjadi startup.

"Peradaban itu ada karena kolaborasi. Saya melihat saat ini kita berada di zona nyaman sehingga tidak peka dengan fasilitas yang dibuat oleh Bu Risma. Untuk menjadi nyaman harus keluar dulu dan luangkan waktu lebih banyak," ungkap pemeran Mamet di film 'Ada Apa Dengan Cinta'.

Dennis juga mengajak kepada pengunjung Geekfest 2017 di Gedung Siola agar dalam berkolaborasi tidak malu bertanya sehingga banyak masukan yang didapat. Ia mencontohkan akun milik Pemkot Surabaya dengan alamat @surabaya.

Menurutnya, akun @surabaya merupakan akun paling aktif memberikan info lokasi maupun kegiatan pemerintahan. "Minimal mulailah bertanya apa saja di @surabaya," masih kata Dennis.

Ia juga memberikan resep menjadi startup agar pandai memanagemen waktu serta tidak membuang waktu dengan kegiatan yang tidak berguna dengan berselancar di medsos.

"Rata rata kebutuhan kita terhadap media sosial 1,5 jam tiap hari dengan mengomentari hal hal yang tidak perlu. Kalau waktu im1,5 jam kita gunakan untuk berkolaborasi maka lebih bermanfaat," pungkas dia.

Usai memberikan resep menjadi startup, Risma menyaksikan pemutaran film dengan menggunakan Gedung Siola sebagai layarnya. Risma bersama warga Surabaya tampak duduk lesehan di aspal.

Film yang juga menampilkan animasi tiga dimensi sehingga jendela dan tembok Gedung Siola ikut bergerak. (rou/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed