Rabu, 17 Mei 2017 11:21 WIB

Laporan dari Mountain View

Mengintip Persiapan Hajatan Google I/O 2017

Rachmatunnisa - detikInet
Google I/O 2017. Foto: detikINET/Rachmatunnisa Google I/O 2017. Foto: detikINET/Rachmatunnisa
Jakarta - Pesta developer Google I/O kembali digelar. Beberapa jam sebelum hajatan digelar, tampak berbagai persiapan yang semakin membuat penasaran.

Bertempat di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California, Amerika Serikat, Google I/O 2017 digelar pada 17-19 Mei 2017 pukul 10.00 pagi waktu setempat. Meski acara ini khusus developer, Google mengemasnya secara unik sehingga jauh dari kesan teknis dan rumit.

Sejak 2016, Google memindahkan I/O keluar dari San Francisco, yang biasanya digelar di Moscone Center menjadi di kampung halamannya sendiri yakni Mountain View, tepatnya di Shoreline Amphitheater.
Mengintip Persiapan Google I/O 2017Foto: detikINET/Rachmatunnisa

Menariknya, tempat ini tidak punya sejarah untuk sebuah ajang bertemakan teknologi. Justru dengan demikian, Google menampilkan kultur fun dan out of the box yang lekat dengan citra perusahaannya melalui konferensi developer di tempat yang biasanya difungsikan untuk konser musik.

Dengan konsep festival yang lebih terbuka dan lokasinya yang tak jauh dari markas besarnya, Google juga berharap acara ini akan meningkatkan interaksi antara developer pihak ketiga dengan para pegawainya, karena akan lebih banyak Googlers yang wara-wiri di sana.

Google sendiri menyebut konferensi I/O sebagai 'outdoor developer festival'. Pesta developer di ruang terbuka yang menjanjikan banyak keseruan ini, dikunjungi 7.000 developer dan 400 media dari berbagai belahan dunia, termasuk detikINET.
Mengintip Persiapan Google I/O 2017Foto: rachmatunnisa/detikcom

Panggung besar, tenda-tenda, serta warna-warni dan pernak-pernik khas Google yang disiapkan di lingkungan Mountain View jadi penanda segera dimulainya konferensi akbar Google ini. Namun hingga acara dimulai nanti, lokasi ini masih dijaga ketat dan tidak boleh sembarangan dimasuki publik.

Tampak CEO Google Sundar Pichai ikut melongok persiapan hajatan ini, terlihat dari postingan teranyarnya di Twitter.

"Hope the blue skies stick around:) #firstlook #io17," tweetnya seraya menyertakan foto bagian dalam area Shoreline Amphitheatre.

Ada apa saja di Google I/O 2017?

Sedikit kilas balik, pada Google l/O 2016, kita menyaksikan sejumlah pengumuman antara lain Google Allo, Google Daydream, Android Nougat, Android Wear 2.0, Google Assistant, Google Duo, Google Home dan integrasi Google Play dengan Chrome OS.

Sama halnya dengan suasana festival yang masih dirahasiakan, Google tentunya juga masih menyimpan rapat mengenai apa saja yang akan jadi kejutan kali ini di ajang I/O 2017.

Namun beberapa di antaranya sudah bisa diduga. Yang paling dinantikan misalnya, Google akan mengungkap lebih banyak mengenai update OS Android O. Seperti diketahui, sejumlah spekulasi sudah bermunculan, menebak-nebak nama cemilan yang akan digunakan Google untuk Android O, beserta fitur-fiturnya.

Di area yang luas dan terbuka ini, akan ada Sandbox yang merupakan tempat Google mendemonstrasikan dan mengundang orang untuk menjajal semua yang diumumkannya di keynote.

Google juga diperkirakan akan mengungkap OS Fuchsia yang disebut-sebut sebagai rival OS Android. Selain itu, Google Assistant yang menarik perhatian di Google I/O 2016 lalu, diprediksi akan pumya banyak fitur baru yang bakal membuatnya lebih canggih. Spekulasi lainnya berkaitan dengan Google Daydream, Project Tango dan Project Fi yang kabarnya akan diumumkan di Google I/O 2017.

Namun semua prediksi di atas baru akan terungkap dalam beberapa jam ke depan, saat Google I/O 2017 resmi dibuka. Simak laporan detikINET yang akan diupdate langsung dari Mountain View, California, AS. (rns/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed