Robot 'Gundam' Jadi Mainan Baru Bos Amazon

Robot 'Gundam' Jadi Mainan Baru Bos Amazon

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 24 Mar 2017 16:29 WIB
Foto: Space
Jakarta - CEO Amazon Jeff Bezos punya mainan baru berupa robot yang menyerupai Gundam. Dia bahkan memamerkan keahliannya mengendalikan robot seperti karakter animasi Jepang tersebut.

Kebolehan ini dipamerkan Bezos saat konferensi Machine Learning, Home Automation, Robotics and Space Exploration (MARS) 2017 baru-baru ini. Robot yang dipamerkan Bezos merupakan gabungan jenis humanoid dan mekanik.

Berbeda dengan robot-robot yang sudah ada sebelumnya, 'si Gundam' bisa bergerak bila ada manusia yang mengemudikannya dari dalam tubuh robot, mirip seperti yang terjadi dalam serial animasi Gundam.

Robot tersebut tingginya sekitar empat meter. Terdapat ruang kokpit untuk mengendalikan langsung robot. Dari ruang kokpit, Bezos menggerakkan tangan robot tersebut.

Responsnya memang telat sepersekian detik. Meski demikian, kemunculan si Gundam milik Bezos memperlihatkan bahwa robot yang selama ini ada di film atau animasi sangat mungkin diwujudkan.

Dilansir dari Space, Jumat (24/3/2017) robot tersebut adalah hasil pengembangan Hankook Mirae. Perusahaan asal Korea Selatan ini menyebut robot tersebut Method 2 dan merinci bobotnya minimal 1,6 ton.

Method 2 didesain oleh Vitaly Bulgarov, di mana ia yang menggarap konsep artis film seperti Ghost In The Shell dan Transformers 4: Age of Extinction. Desember lalu, Bulgarov mengatakan pengembangan Method 2 dilakukan selama beberapa tahun dan robot itu ditujukan untuk memamerkan teknologi seperti human-machine interface.

Belum diketahui apakah Method 2 akan dipasarkan secara luas atau tidak. Pasalnya, sejauh ini robot tersebut masih berupa prototipe. (rns/rns)