BERITA TERBARU
Minggu, 26 Feb 2017 08:47 WIB

d'Youthizen

Jangan Hanya Komplain, Lakukan Sesuatu!

Fino Yurio Kristo - detikInet
(Foto: Sukma Indah Permana/detikcom) (Foto: Sukma Indah Permana/detikcom)
Yogyakarta - Jika hanya komplain, semua orang juga bisa. Ada baiknya melakukan sesuatu walaupun kecil, demi perubahan ke arah yang lebih baik.

Demikian disampaikan para pembicara event d'Youthizen di Yogyakarta. Khususnya para anak muda penerus masa depan bangsa, tidak boleh hanya berpangku tangan.

"Anak muda harus berpikir Indonesia akan dibawa kemana. Jangan cuma komplain. Kita jauh lebih baik kalau mau melakukan sesuatu. Yang penting mau aja dulu," ujar aktivis sosial Melanie Subono.



Melanie misalnya, membuat rumah harapan untuk membantu mereka yang kurang mampu dari segi pendidikan maupun kesehatan. Mel terinspirasi sosok Oprah Winfrey ketika mengajak banyak orang ikut ambil bagian mengembangkan rumah harapan.

"Ini bukan yayasan tapi gerakan. Hampir 10 tahun karena ikut-ikutan Oprah. Menurut gue, gue adalah perubahan itu sendiri," paparnya.

Kisah menarik juga diceritakan Alfatih, CEO KitaBisa.com. Dulu saat masih muda, ternyata dia gemar ambil bagian dalam demo.

"Saya dulu aktivis demo. Tapi kalau demo doang kurang bisa memberikan impact," katanya.

Maka dia menggagas KitaBisa.com untuk memberikan dampak positif ke masyarakat dan akhirnya sukses. Lewat aksi crowdfunding yang digalang di situsnya tersebut, Alfatih dan rekan-rekannya telah banyak membantu orang.

Para donatur pun disebutnya betah menyumbang di situsnya. Soalnya mereka dimudahkan dengan donasi online serta juga bisa langsung melihat apa dampaknya, sehingga mau donasi lagi.

Jadi jangan sungkan melakukan sesuatu yang positif. Walaupun cuma hal-hal kecil. "Setop kategorikan kecil atau enggak. Tapi lakukan atau enggak," tutur Melanie. (fyk/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.