Minggu, 26 Feb 2017 08:47 WIB

d'Youthizen

Jangan Hanya Komplain, Lakukan Sesuatu!

Fino Yurio Kristo - detikInet
(Foto: Sukma Indah Permana/detikcom) (Foto: Sukma Indah Permana/detikcom)
Yogyakarta - Jika hanya komplain, semua orang juga bisa. Ada baiknya melakukan sesuatu walaupun kecil, demi perubahan ke arah yang lebih baik.

Demikian disampaikan para pembicara event d'Youthizen di Yogyakarta. Khususnya para anak muda penerus masa depan bangsa, tidak boleh hanya berpangku tangan.

"Anak muda harus berpikir Indonesia akan dibawa kemana. Jangan cuma komplain. Kita jauh lebih baik kalau mau melakukan sesuatu. Yang penting mau aja dulu," ujar aktivis sosial Melanie Subono.



Melanie misalnya, membuat rumah harapan untuk membantu mereka yang kurang mampu dari segi pendidikan maupun kesehatan. Mel terinspirasi sosok Oprah Winfrey ketika mengajak banyak orang ikut ambil bagian mengembangkan rumah harapan.

"Ini bukan yayasan tapi gerakan. Hampir 10 tahun karena ikut-ikutan Oprah. Menurut gue, gue adalah perubahan itu sendiri," paparnya.

Kisah menarik juga diceritakan Alfatih, CEO KitaBisa.com. Dulu saat masih muda, ternyata dia gemar ambil bagian dalam demo.

"Saya dulu aktivis demo. Tapi kalau demo doang kurang bisa memberikan impact," katanya.

Maka dia menggagas KitaBisa.com untuk memberikan dampak positif ke masyarakat dan akhirnya sukses. Lewat aksi crowdfunding yang digalang di situsnya tersebut, Alfatih dan rekan-rekannya telah banyak membantu orang.

Para donatur pun disebutnya betah menyumbang di situsnya. Soalnya mereka dimudahkan dengan donasi online serta juga bisa langsung melihat apa dampaknya, sehingga mau donasi lagi.

Jadi jangan sungkan melakukan sesuatu yang positif. Walaupun cuma hal-hal kecil. "Setop kategorikan kecil atau enggak. Tapi lakukan atau enggak," tutur Melanie. (fyk/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed