Rabu, 18 Jan 2017 15:03 WIB

Wanita Ini Bangun Rumah dari Video Tutorial di YouTube

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Cara Brookins Foto: Cara Brookins
Jakarta - Di era digital seperti saat ini, banyak orang yang mengandalkan YouTube untuk belajar melalui video. Salah satunya adalah wanita asal Amerika Serikat berikut yang membangun rumah hanya dengan menonton video tutorial di YouTube.

Berbagai macam video kini bisa ditemukan di YouTube, mulai dari video musik, drama, sampai video tutorial. Dari YouTube kita bisa mendapatkan banyak video tutorial belajar memasak, bermain gitar, merias wajah, dan masih banyak lagi.

Wanita bernama Cara Brookins menjadi salah satu contoh yang belajar hanya dengan menonton video tutorial. Meski demikian, apa yang dilakukan oleh Brookins ini mungkin sedikit berbeda dengan yang lain. Ketimbang hanya belajar memasak, Brookins malah menonton video tutorial bagaimana caranya membangun rumah.

Menurut penuturannya, Brookins berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Ia tengah mencari tempat tinggal yang aman bagi dirinya dan empat orang anaknya dari sang suami yang kerap menganiaya dirinya. Ide membangun rumah sendiri ini muncul karena budget yang ia miliki untuk membeli rumah jadi tidaklah cukup.

Foto: Cara Brookins

"Lalu aku punya ide, mengapa kita tidak membangun rumah sendiri? Kita mampu untuk membeli bahan dasar dan pasokan lainnya. Jadi, kita tinggal mencampurkannya satu sama lain," tutur Brookins dikutip detikINET dari CBC News, Rabu (18/1/2017).

Langkah Brookins dan keluarga membangun rumah dilakukan sejak tahun 2008. Kala itu, YouTube belum seperti sekarang. "Jadi kami menonton tiga sampai empat video setiap tahap konstruksi dan berpikir, kira-kira mana yang cocok untuk kami?," ujarnya.

Dalam bekerja, Brookins memang tidak sendirian. Sanak saudara dan keluarga turut membantu pembangunan rumah impiannya itu. Alhasil, rumah itu kini berdiri dengan kokoh. Tak hanya itu, Brookins pun merilis sebuah buku yang menceritakan pengalaman membangun rumah dengan judul 'Rise, How A House Bulit A Family'. (mag/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com