BERITA TERBARU
Minggu, 27 Nov 2016 08:18 WIB

d'Youthizen

Tips Keren Bikin Konten Viral ala Eka Gustiwana

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET
Solo - Urusan bikin konten viral di media sosial, Eka Gustiwana jagonya. Hampir semua video speech composing yang digarapnya bikin kita terhibur. Eka pun bagi-bagi rahasia resep jitunya di d'Youthizen.

Sejak bikin video speech composing yang memparodikan ucapan 'Demi Tuhan' dari Arya Wiguna, Eka pun dalam tiga tahun terakhir terus ketagihan bikin konten serupa. Total sudah 50 hingga 60 video serupa yang ia posting di YouTube.

Mulai dari Syahrini, Jeremy Tetty, hingga Sudirman Said, Joko Widodo, dan tiga calon pemimpin baru Jakarta. Semua dibuat lucu-lucuan. Tujuannya hanya untuk menghibur secara positif dan bikin adem di tengah tensi masyarakat yang sedang panas-panasnya.

Eka menjadi salah satu orang yang berkarya dengan memanfaatkan dunia digital. Di tengah maraknya konten negatif yang bermunculan di jagat internet, Eka tetap berusaha untuk menghasilkan konten yang baik untuk dikonsumsi publik.

Itu sebabnya, Eka sengaja kami dapuk untuk jadi salah satu pembicara d'Youthizen di Solo. Ia cocok untuk kami dorong sebagai sosok yang bisa menginspirasi anak muda di era millenial saat ini.

Tips Keren Bikin Konten Viral ala Eka GustiwanaFoto: detikINET - Adi Fida Rahman

Di hadapan empat ratusan anak muda yang hadir di Hotel Solo Paragon, Eka pun bagi-bagi tips untuk bikin konten viral di YouTube sambil mendemokan bagaimana proses pembuatan video itu berlangsung.

"Untuk bikin video 2 menit saja saya butuh editing sekitar 6-12 jam," kata Eka sambil mempertontonkan langsung bagaimana rumitnya menghasilkan sebuah mahakarya yang selama ini sudah kita saksikan.

Untuk konten speech composing soal Pilgub DKI, misalnya, Eka harus terlebih dahulu mencatat satu persatu omongan dari Agus Harimurti Yudhoyono, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Basuki T. Purnama (Ahok), dan Najwa Shihab. Baru kemudian, setelah editing dan rendering, ia memasukkan background musik pengiringnya.

Tips Keren Bikin Konten Viral ala Eka GustiwanaFoto: detikINET - Adi Fida Rahman

Sebuah proses yang njelimet, tapi hasilnya luar biasa mengagumkan. Video ini pun otomatis langsung jadi viral karena membawa aura positif di tengah panasnya suasana saat ini.

Dari pengalamannya sejak 2013 menghasilkan konten-konten viral, Eka pun membagikan tipsnya kepada para anak muda yang ingin ikut membuat perubahan. Hal-hal positif dengan kekhasan anak muda.

"Untuk bikin konten viral syaratnya hanya tiga: sensasional, lucu, dan inspiratif. Tiga itu saja yang jadi viral. Kalau videonya biasa-biasa saja tak akan dilirik," kata Eka.

Lebih lanjut dikatakan olehnya, judul sensational dan konten yang lagi happening dengan tren, jadi salah satu faktor penting untuk mendongkrak rating YouTube. Nah, kalau mau sukses, coba bikin video yang seperti itu.

Tips Keren Bikin Konten Viral ala Eka GustiwanaFoto: detikINET - Adi Fida Rahman

"Judulnya juga musti catchy, easy listening. Judul mau tidak mau harus sensasional, apapun itu, judulnya harus sensasional. Sensasional di sini bisa positif atau negatif, dua-duanya bisa viral, tinggal kita pilih mau ada di sisi mana."

Ia pun berpesan, jangan pernah memaksa orang untuk menyebarkan konten yang kita bikin. Jangan suka sebar-sebar layaknya spam. Karena itu bisa bikin orang jengkel. Intinya, konten bagus akan terjual dengan sendirinya.

"Kalau memang bagus kontennya, orang akan share sendirinya. Jangan pernah spam ke temenmu, itu nggak akan pernah efektif. Cukup sekali saja sebar. Kalau bagus orang akan sebarin sendiri," lanjutnya.

Tips yang disampaikan Eka bisa untuk siapa saja yang ingin berkarir sebagai YouTuber. Ia pun mengingatkan agar tetap bikin karya yang orisinil jika tak mau bermasalah dengan hak cipta. Karena di YouTube, masalah hak cipta itu ketat sekali.

Namun begitu semua itu berhasil diatasi, uang pun akan mulai mengalir. Dari keisengannya di YouTube, Eka bisa menghasilkan uang dari iklan, endorsement. Efek sampingnya, ia jadi terkenal, dan jadi banyak dapat proyek lainnya.

"Tips saya untuk para YouTubers, kalian harus konsisten. Butuh trial dan error. Terus bikin inovasi, cari ide yang belum ada. Pastikan orang mengenal kita sejak liat profil kita. Profil kita harus jelas. Intinya, semua berawal dari imajinasi. Jangan biarkan imajinasi kita beristirahat," pungkas Eka. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed