Akses Internet Lelet, Facebook Sodorkan Messenger Lite

Akses Internet Lelet, Facebook Sodorkan Messenger Lite

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 03 Okt 2016 16:45 WIB
Foto: Video Instant di Facebook Messenger
Jakarta - Facebook meluncurkan versi baru Facebook Messenger. Dinamakan Messenger Lite, layanan messaging ini ditujukan untuk negara-negara yang koneksi internetnya lambat.

Dikutip detikINET dari Reuters, Senin (3/10/2016), Messenger Lite untuk Android awalnya akan menyasar negara Kenya, Tunisia, Malaysia, Sri Lanka dan Venezuela. Kemudian berlanjut di negara-negara berkembang lainnya.

Facebook belakangan memang sudah agak mentok perkembangannya di negara maju di kawasan Amerika Utara dan Eropa. Sehingga versi lite aplikasinya diluncurkan untuk negara berkembang. Sebelum Messenger, sebelumnya sudah ada Facebook versi Lite.

Pengguna Android yang menginstal Messenger Lite, masih bisa menggunakan beragam fitur inti di Messenger. Termasuk kemampuan mengirim teks, foto dan link. Namun tidak bisa membuat video dan voice call serta melakukan pembayaran.

"Kami ingin memastikan produk Messenger ini benar-benar bisa digunakan oleh setiap orang," kata David Marcus, Head of Messenger.

Facebook Messenger saat ini telah menembus pengguna lebih dari 1 miliar. Angka tersebut dicapai hanya dua tahun setelah Facebook memisahkan Messenger dari aplikasi utama. Itu berarti Facebook kian dominan di dunia aplikasi mobile.

Pasalnya selain Messenger, ada dua aplikasi Facebook yang jumlah penggunanya sudah tembus angka 1 miliar. Yakni aplikasi Facebook sendiri serta WhatsApp yang mereka beli di tahun 2014.

Selain itu masih ada layanan media sosial Instagram. Bulan lalu, Instagram dilaporkan telah memiliki lebih dari 500 juta user. (fyk/ash)