Selasa, 27 Sep 2016 17:05 WIB

Polres Cianjur Luncurkan Aplikasi 'Pengawal Pribadi'

Syahdan Alamsyah - detikInet
Foto: Syahdan Alamsyah Foto: Syahdan Alamsyah
Cianjur - Satuan Lalulintas Polres Cianjur, Jawa Barat meluncurkan Police Application System (PAS) di SMAN 2, Cianjur. Dalam acara itu diperkenalkan pula sejumlah konten di PAS ke ratusan pelajar yang bisa menjadi 'pengawal pribadi' mereka.

Disebut pengawal pribadi karena di dalam aplikasi berbasis Android tersebut terdapat konten menu yang secara langsung bisa melaporkan setiap peristiwa yang terjadi di wilayah hukum Polres Cianjur.

"Lebih interaktif daripada media sosial, karena layanannya langsung terkoneksi dengan petugas kepolisian. Tidak hanya kemacetan, ketika ada tawuran pelajar mereka bisa melaporkannya melalui aplikasi ini," kata Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu didampingi Kasatlantas AKP Erik Bangun Prakasa kepada detikcom.

Dalam layanan itu, ada konten dimana pemilik aplikasi bisa langsung melaporkan kejadian dengan gambar dan keterangan. Setelah informasi itu lengkap dan tombol kirim ditekan akan langsung terkoneksi dengan petugas yang paling terdekat dengan lokasi kejadian.

"Setiap laporan akan langsung ditangani dengan waktu kurang dari 15 menit, petugas terdekat akan dihubungi untuk bergerak ke lokasi pemilik aplikasi yang memberikan laporan," lanjut Guntur.



Agam Supriatna, Kepala Sekolah SMAN 2 Cianjur, mengapresiasi adanya layanan aplikasi PAS. Di hadapan siswa, Agam menyebut jika aplikasi PAS tak ubahnya seperti pengawal pribadi pelajar.

"Kalian melihat tawuran, peristiwa kriminal, kemacetan bisa langsung dilaporkan ke anggota polisi. Begitu juga jika kalian menjadi korban kejahatan tinggal tekan aplikasi itu dan polisi langsung datang," ujar Agam.

Kepada sejumlah wartawan Agam berharap aplikasi itu juga tersedia di ponsel selain Android. "Supaya semua bisa menikmati layanan kepolisian ini, saya mengapresiasi upaya para petugas untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat melalui aplikasi ini," tandasnya.

(ash/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed