Kamis, 18 Feb 2016 09:43 WIB

Laporan dari San Francisco

Jokowi Sambangi 'Kawah Candradimuka' Silicon Valley

Ikhwanul Khabibi - detikInet
Foto: Ikhwanul Khabibi/detikINET Foto: Ikhwanul Khabibi/detikINET
San Francisco - Presiden Joko Widodo tak cuma menyambangi markas raksasa teknologi yang sudah kesohor seperti Facebook, Google, dan Twitter, tapi juga ke kantornya Plug & Play yang jadi 'kawah candradimuka' bagi para startup kelas dunia di Silicon Valley.

Kunjungan Jokowi di markas Plug & Play dilakukan setelah mengunjungi Googleplex dan sebelum menuju kantor Twitter. Rombongan presiden disambut oleh Saeed Amidi, CEO Plug & Play.

"Saya harap Plug & Play dapat bekerja sama dalam upaya Indonesia mencapai visi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara yang mencapai USD 130 miliar pada 2020," kata Jokowi seperti disaksikan detikINET di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (17/2/2016).

Menurut presiden, rencana aksi jangka menengah dan jangka panjang telah diambil Indonesia untuk dapat mendorong terwujudnya visi tersebut. Di antaranya adalah dengan pemberian akses pembiayaan bagi UMKM dan perusahaan IT baru atau startup.


Akses tersebut berupa, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan kebijakan likuiditas pasar bagi perusahaan start up. Di samping itu juga kebijakan modal ventura yang memberi insentif dan mempermudah pembiayaan bagi pengusaha IT baru.


"Saya harap dapat menyaksikan langkah-langkah konkret, proyek-proyek lanjutan di Indonesia sehingga visi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara segera terwujud," lanjut Jokowi yang dalam pertemuan itu ikut difasilitasi oleh CEO Kibar, Yansen Kamto.

Sebelum meninggalkan kantor Plug & Play, rombongan presiden berkeliling meninjau kantor tersebut dan menuliskan kenang-kenangan: "Start it up, prosper together" di dinding yang telah disediakan dan ditandatangani serta telah ditempeli foto Presiden Jokowi.



(rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed