Rabu, 02 Des 2015 09:30 WIB

Rencana Mulia Bos Facebook Jadi 'Papa Amal Saham' Rp 616 Triliun

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Mark Zuckerberg bersama istri dan buah hatinya (dok. Facebook) Mark Zuckerberg bersama istri dan buah hatinya (dok. Facebook)
Jakarta - Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus CEO Facebook, menyambut kelahiran sang buah hati dengan suka cita dan diiringi sebuah niat mulia: mengamalkan 99% saham miliknya di Facebook yang bernilai USD 45 miliar atau setara Rp 616 triliun.

Dalam surat terbuka kepada putrinya di akun Facebook, seperti detikINET kutip Business Insider, Rabu (2/12/2015), rencana Zuckerberg jadi 'Papa Amal Saham' ini akan dilakukan secara bertahap di sepanjang sisa hidupnya.

Untuk tahap awal, dalam tiga tahun ke depan, Zuckerberg akan menjual sahamnya senilai USD 1 miliar dan memberikannya untuk amal melalui yayasan filantropi yang diberi nama Chan Zuckerberg Initiative.

Mark bersama istrinya, Priscilla Chan, pun berjanji kepada putrinya yang diberi nama Maxima Chan Zuckerberg, untuk mendonasikan uang hasil penjualan saham itu untuk proyek kemanusiaan seperti masalah kesehatan, pendidikan, akses Internet, dan kesetaraan hidup manusia.

“Kami tahu ini hanya sumbangan kecil dibandingkan dengan semua sumber daya dan bakat yang diberikan oleh mereka yang bekerja pada isu-isu tersebut. Tapi kami ingin melakukan apa yang kami bisa, bekerja bersama banyak orang,” tulis Zuckerberg di akun Facebook miliknya.

Ini bukan langkah filantropi pertama bagi Zuckerberg. Ketika masih berusia 26 tahun, ia bersama Bill Gates sempat mengajak orang kaya atau keluarga kaya yang ada di dunia untuk memberikan lebih dari setengah kekayaan mereka dalam kegiatan amal.

Mark Zuckerberg sendiri saat ini masih menjadi pemegang saham terbesar di Facebook. Seperti dilansir Bloomberg, total valuasi Facebook dari sisi market cap saat ini mencapai USD 303 miliar.

Rencana donasi saham orang nomor satu Facebook ini akan dimulai setelah Zuckerberg menuntaskan cutinya selama dua bulan. Ia bersama sang istri akan terlebih dulu merawat putri pertamanya yang lahir sehat dengan bobot 3,4 kilogram ini.

Selamat, Mark!

(rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed