Bos Facebook Datang, Kominfo Malah Tidak Tahu

Bos Facebook Datang, Kominfo Malah Tidak Tahu

- detikInet
Selasa, 14 Okt 2014 14:24 WIB
Mark Zuckerberg saat tiba di Balai Kota DKI (detikcom)
Jakarta - Kedatangan CEO Facebook Mark Zuckerberg ke Indonesia memang terkesan dadakan dan tanpa woro-woro sebelumnya. Bahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sampai tidak mengetahuinya.

"Kominfo baru tahu satu hari sebelum kedatangannya. Itu pun diberitahu setelah ada wartawan yang menanyakan. Jadi kami sebelumnya tidak mengetahui," kata Kepala Humas dan Pusat Informasi Kominfo Ismail Cawidu saat berbincang dengan detikINET, Selasa (14/10/2014).

Ismail menambahkan bahwa kedatangan Zuckerberg ke Tanah Air bukan difasilitasi oleh Kominfo, pun demikian tidak ada agenda untuk bertemu dengan Kominfo.

"Yang ngundang bukan kita, lalu juga tidak ada agenda bertemu. Kecuali nanti ada petinggi Twitter yang mau bertemu, itu sudah diberi tahu akan bertemu dengan Kominfo," tambahnya.

Kendati demikian, Ismail menyambut positif kedatangan miliuner muda ini ke Indonesia. Artinya, Indonesia yang merupakan pasar potensial dilirik oleh raksasa jejaring sosial tersebut.

Zuckerberg datang ke Indonesia akhir pekan lalu, sebelum ke Jakarta, dia menjejakkan kaki di Candi Borobudur, sebelum bertolak ke Ibukota untuk bertemu dengan Presiden Terpilih Joko Widodo dan ikut blusukan ke Pasar Tanah Abang.

Padahal sebelumnya menurut Chairman Sharing Vision Dimitri Mahayana, kedatangan bos besar Facebook ke Indonesia sejatinya bisa dijadikan momentum bagi Kominfo untuk menjajaki misi diplomasi serta menegaskan aturan hukum di Indonesia. Termasuk soal aturan hukum pembangunan data center.

(tyo/ash)