Sosok Menkominfo Ideal dari Kacamata Industri

Sosok Menkominfo Ideal dari Kacamata Industri

ADVERTISEMENT

Sosok Menkominfo Ideal dari Kacamata Industri

- detikInet
Rabu, 27 Agu 2014 16:54 WIB
Calon Menkominfo di Seleksi Menteri Detikcom
Jakarta -

Para stakeholder dari sisi industri telekomunikasi dan penyedia perangkat jaringan teknologi juga ikut angkat bicara soal harapan tentang figur Menkominfo ideal di era kepresidenan Jokowi mendatang.

"Menjadi pejabat negara itu harusnya pengabdian, bukan cari kekuasaan atau duit," kata Duta Subagio Sarosa, Direktur PT Berca Hardayaperkasa, operator 4G WiMax dengan brand WiGO di 2,3 GHz ini kepada detikINET, Rabu (27/8/2014).

Ia pun berharap, sosok menteri ICT ini nantinya tidak datang dari partai politik. Kalaupun punya latar belakang pernah bekerja di industri teknologi, Menkominfo mendatang diharapkan punya banyak pengalaman.

"Tidak kental warna di belakangnya, misal di CV-nya cuma pernah kerja di satu operator doang. Kalau background akademiknya bagus bisa jadi nilai tambah. Tapi, kalau pengalamannya cuma ngajar doang juga tidak bisa, karena mesti pragmatis juga," ucapnya.

Berbicara sebagai petinggi operator BWA, Duta juga ikut berharap Menkominfo nantinya akan lebih memperhatikan masalah kebijakan tentang tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN).

Seperti diutarakannya berulangkali, kebijakan TKDN sebenarnya bagus karena bisa meningkatkan pendapatan dalam negeri 10% hingga 15%. Namun sayangnya, kebijakan itu malah mendorong produksi perangkat CPE untuk modem WiMax jadi mahal dan sulit dijangkau masyarakat.

"Nasionalisme sempit soal hardware TKDN juga mesti diubah dengan TKDN berkaitan dengan industri kreatif," harap pria yang hobi mengoleksi burung pentet ini lebih lanjut.

Sementara dari sisi petinggi jaringan teknologi, harapan yang diusung adalah Menkominfo pilihan Jokowi nanti bisa memenuhi sejumlah aspek mengingat posisinya yang berhubungan dengan empat stakeholder, yakni publik, pemerintah, pelaku industri (telekomunikasi, broadcasting, media, vendor), dan dunia internasional.

"Dan dari perspektif saya ada tiga pekerjaan utama Menkominfo. Pertama menjadi regulasi yang netral untuk industri ICT. Kedua, percepatan pembangunan infrastruktur ICT di Indonesia. Terakhir, percepatan transformasi birokrasi dan pemerintahan dengan pemakaian ICT," kata bos vendor jaringan yang tak mau disebutkan namanya.

"Dari perspektif dan tugas di atas, saya mengusulkan agar Menkominfo yang mempunyai strong leadership dan visioner. Mempunyai kemampuan berkomunikasi yang bagus, punya sense of business, dan punya jaringan di dunia internasional," paparnya lebih lanjut.

Harapan serupa juga disampaikan Tonda Priyanto, Chairman Asosiasi Satelit Indonesia (ASSI). Selain masalah integritas, jujur, dan diterima publik, figur Menkominfo ideal menurutnya bisa mendahulukan kepentingan nasional tanpa kehilangan globalisasi.

Sementara Hengkie Liwanto, CEO Transvision berharap, sosok Menkominfo yang ideal adalah orang yang paham akan kebutuhan saat ini hingga 20 tahun ke depan dengan roadmap ICT jangka panjang.

"Bisa mengelola resources dengan baik sehingga kesejahteraan rakyat sungguh terbantu. Bisa memotivasi pengusaha jujur untuk menjadi faktor swasta yang mendukung misi pemerintah jangka panjang. Secara fundamental tentu harus integritas, profesional, kerja keras, dan inspirasional," pungkasnya.

(rou/ash)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT