Jumat, 16 Mei 2014 12:46 WIB

Gawat! Ponsel Bisa Picu Kanker Otak

- detikInet
ilustrasi (Telkom) ilustrasi (Telkom)
Jakarta - Kabar buruk bagi kita semua yang terlalu aktif menggunakan ponsel. Sejumlah penelitian terbaru menunjukkan bahwa penggunaan telepon genggam dalam waktu lama sangat berpotensi memicu kanker otak.

Penyakit kanker otak ini memang tidak langsung menyerang para pengguna ponsel. Tetapi dampaknya akan muncul dalam waktu dua hingga sepuluh tahun ke depan. Kemunculan kanker otak ini dipicu oleh gelombang elektromagnetik yang dipancarkan ponsel.

World Health Organisation (WHO) menyebutkan bahwa gelombang elektromagnetik—khususnya dari ponsel, dapat mengeluarkan zat karsinogen yang dikenal sebagai penyebab kanker.

Sementara dari riset yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Bordeaux terungkap, mereka yang biasa bercengkrama dengan ponsel lebih dari 15 jam setiap bulannya selama lima tahun, memiliki potensi besar untuk terserang kanker otak.

Kemudian hasil penelitian yang diterbitkan oleh British Journal Occupational and Environmental Medicine juga menyebutkan bahwa telah ada 253 kasus glioma dan 194 kasus meningloma sejak tahun 2004 hingga 2006.

Pasien dengan penyakit tersebut ternyata menggunakan ponsel tiga kali lebih lama daripada orang yang menggunakan telepon dua jam per bulan. Demikian seperti detikINET kutip dari laporan The Guardian, Jumat (16/5/2014).



(rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed