Ini Aplikasi yang Bikin Ciut Baterai Ponsel

Ini Aplikasi yang Bikin Ciut Baterai Ponsel

- detikInet
Minggu, 09 Feb 2014 10:36 WIB
Ilustrasi (Ist.)
Jakarta -

Dari daftar aplikasi ponsel yang bikin baterai cepat habis, bisa ditebak Candy Crush Saga masuk di dalamnya. Namun anehnya, game ini ternyata bukan urutan yang paling atas. Lantas, aplikasi apa yang paling 'mematikan' saat ini, Flappy Bird?

Flappy Bird yang lagi naik daun, ternyata tak ada dalam urutan top 10 aplikasi yang paling boros baterai saat ini. Setidaknya demikian hasil survei yang dilansir KS Mobile.

Di tempat pertama, aplikasi yang ternyata paling boros makan baterai adalah Camera360 Ultimate yang digunakan oleh 180 juta pengguna. Mungkin aplikasi ini jadi makin sering digunakan karena tren selfie saat ini.

Aplikasi yang paling boros urutan kedua ternyata adalah aplikasi Outlook milik Microsoft. Setelah itu ada aplikasi EZ Weather Forecast and Widget, serta aplikasi streaming video Viki yang sekarang jadi milik Rakuten.

Lainnya yang masuk dalam 10 besar ada aplikasi walkie-talkie Zello PTT, aplikasi game Temple Run 2, aplikasi Imo untuk video call gratisan, dan aplikasi game Racing Moto dan Fruit Ninja. Sementara Candy Crush ada di urutan paling buncit di 10 besar ini.

KS Mobile juga memberikan saran agar baterai ponsel tetap awet. Misalnya, dengan menonaktifkan zona waktu otomatis, mengurangi frekuensi push notification, dan mematikan GPS kecuali jika benar-benar membutuhkannya. Penggunaan powerbank juga tak disarankan.

"Untuk pengisian baterai ponsel lebih baik melalui stopkontak listrik, karena lebih efektif daripada pengisian melalui port USB," sarannya, seperti detikINET kutip dari Cnet, Minggu (9/2/2014).

(rou/tyo)