Jumat, 11 Jan 2013 15:58 WIB

Roy Suryo, Pengamat Telematika yang Kini Ngurusi Olahraga

- detikInet
Roy Suryo (detikcom) Roy Suryo (detikcom)
Jakarta - Awalnya, Roy Suryo dikenal sebagai pengamat telematika. Khususnya terkait kesahihan foto atau video vulgar yang sempat ramai beberapa waktu lalu di internet Indonesia.

Namun siapa sangka, kini politisi pemilik nama lengkap Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT) Roy Suryo Notodiprojo tersebut dipercaya mengisi kursi Menteri Pemuda dan Olahraga, sepeninggal Andi Malarangeng yang mengundurkan diri.

Meski bagi beberapa kalangan Roy dianggap sebagai 'pakar telematika', namun berbeda bagi kalangan underground TI Indonesia. Roy cuma dinilai sebagai 'pengamat', bukan 'pakar'.

Berbagai alasan melandasi penilaian ini, bisa karena latar belakang pendidikan Roy yang bukan orang TI karena jebolan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, atau bisa juga karena pernyataan-pernyataannya yang kadang kontroversial.

Yang pasti, hubungan Roy dan kalangan 'bawah tanah' TI bisa dibilang kurang harmonis. Bahkan, Roy pernah jadi bulan-bulanan hacker lokal untuk dikerjai. Semisal menempatkan wajah Roy pada situs yang di-deface pelaku atau lainnya.

Bahkan, situs Kementerian Kominfo (dulu masih bernama Depkominfo) yang sempat beralamat di depkominfo.go.id pernah jadi sasaran ulah dedemit maya. Dimana pada sebaris pesan yang ditinggalkan, pelaku menyebut 'jangan kutip Roy Suryo'. Aksi ini sendiri terjadi pada 15 April 2008.

Pun demikian, karir Roy sebagai politisi lumayan meroket. Dia pun sukses menjadi anggota DPR RI dan duduk di Komisi I.

Nah, pada komisi yang membawahi bidang telekomunikasi tersebut, Roy cukup vokal di ruang sidang. Mulai dari isu 3G, TV digital, hingga pencurian pulsa ia ladeni. Terlebih ia dipercaya menjadi Wakil Ketua Harian Panja Pencurian Pulsa.

Ya, kasus pencurian pulsa memang sempat bikin geger. Hingga akhirnya industri konten di-unreg secara massal. Namun sayang, pengusutan kasus tersebut yang sudah menetapkan tersangka kini bak ditelan bumi. Tak ada lagi kabarnya.

Hingga akhirnya kini Roy dipercaya Presiden SBY sebagai Menpora. Tentunya banyak yang kaget dengan penunjukan itu, terlebih dilihat dari latar belakang yang bersangkutan, yang sebelumnya lebih eksis di dunia telematika.

Pun demikian, Presiden SBY punya pertimbangan sendiri. Roy yang saat ini menjabat anggota Komisi I DPR RI dari dapil DI Yogyakarta menurut SBY pantas menjadi Menpora karena memiliki integritas.

"Saudara Roy Suryo saat ini adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Dapil Yogyakarta, dan yang bersangkutan saya pandang cakap untuk mengemban tugas sebagai Menpora. Saya juga sudah mempertimbangkan integritas dan kapasitas yang bersangkutan untuk menjadi Menpora," kata SBY.

"Kepada yang bersangkutan telah saya lakukan interview serta fit and proper test disamping itu bersama Wakil Presiden dan para menteri terkait, hasilnya baik. Dengan demikian sekali lagi setelah memutuskan yang bersangkutan untuk menggantikan saudara Andi Mallarangeng untuk menjadi Menpora," lanjut Presiden.

Ya, keputusan sudah dibuat, dan Roy Suryo yang dulu lebih dikenal sebagai pengamat telematika bakal segera dilantik sebagai Menpora untuk mengurusi olahraga Indonesia. Selamat bertugas!




(ash/fyk)