Jumat, 10 Jun 2011 17:36 WIB

101 Tim Ikuti Kontes Robot Nasional 2011

- detikInet
Yogyakarta - Sebanyak 101 tim dari 51 perguruan tinggi di Indonesia akan berlaga dalam Kontes Robot Nasional 2011. Kontes Robot Nasional 2011 akan digelar di Auditorium Graha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada (UGM) mulai tanggal 11-12 Juni.

Kontes ini merupakan pertandingan antar pemenang Kontes Robot Regional yang diselenggarakan di masing-masing wilayah. Regional I di Poltek Negeri Batam, Regional di ITB Bandung, Jabar, Regional III di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Regional IV di PENS Surabaya dan Regional V di Universitas Tadulako (Untad) Palu.

"Tahun ini UGM dipercaya kembali untuk menjadi tuan rumah Kontes Robot Nasional 2011. Saat ini semua peserta sudah datang dan melakukan persiapan," kata Ketua Panitia Dr M. Arif Wibisono kepada wartawan di GSP, UGM di Bulaksumur, Yogyakarta, Jumat (10/6/2011).

Menurut Arif Kontes ini akan mempertandingkan tiga kategori yakni Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). Tema KRI tahun ini adalah "Larungan" yang mengadaptasi tema ABU (Asia-Pasific Broadcasting Union) Robocon 2011 yaitu "Loy Krathong".

"Loy Kratong itu berarti melarung bunga teratai untuk dewi sungai yang biasa diselenggarakan tiap bulan November di Thailand," kata Arif.

Dia mengatakan tiap tim dalam kategori ini terdiri dari dua robot otomatis yang dapat bergerak sendiri dan satu robot manual yang dikendalikan satu operator. Sistem pertandingan dengan sistem gugur. Setiap sesi akan beradu dua tim dari sudut biru dan merah.

Dalam kontes ini lanjut Arif, peserta akan beradu cepat untuk merangkai sebanyak mungkin krathong pada candle base, kemudian melarungnyapada river surface. Salah satu robot otomatis akan meletakkan candle light flame (api lilin) pada krathong yang bergoyang di atas river surfeca. Jika berhasil meraka akan jadi pemenang yang disebut Loy Krathong.

"Juara kategori ini berhask mewakili Indonesia dalam kontes robot tingkat internasional ABU Robocon 2011 di Bangkok, Thailand pada 9 September 2011 nanti," katanya.

Kontes berikutnya adalah KRCI yang terdiri KRCI beroda dan berkaki. Tema kategori ini adalah "Robot Cerdas Pemadam Api" dan divisi battle dengan tema "Robot Cerdas Pemain Bola". Robot Divisi KRCI Beroda dan Berkaki dengan misi memadamkan api di sebuah rumah. Sedangkan pada divisi KRCI Battle 2011 dua robot akan menendang bola ke gawang lawan sebanyak mungkin. "Robot ini menyerupai manusia atau robot humanoid akan berusaha menendang 5 bola yang disediakan panitia," katanya.

Untuk kategori khas Indonesia KRSI yang tidak ada di kejuaraan internasional, tahun ini mengangkat Robot Tari Klana Topeng. Sedangkan pada tahun sebelumnya adalah tari Pendhet Bali. "Kategori ini kita selaraskan dengan adat Jawa khas gaya Yogyakarta. Peserta yang ikut sebanyak 16 robot," pungkas Arif didampingi Direktur Kemahasiswaan UGM, Drs Hariyanto, MSi.




(bgs/fw)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed