LewatMana Wakili Asia Tenggara di Ajang Internasional

LewatMana Wakili Asia Tenggara di Ajang Internasional

- detikInet
Rabu, 16 Feb 2011 10:59 WIB
Jakarta - Kemacetan sudah menjadi keseharian, terutama bagi kota-kota besar seperti Jakarta. Namun kondisi ini justru memberikan peluang bagi situs seperti LewatMana.com membantu warga yang berusaha menghindari kemacetan. 

Penyedia informasi lalu lintas di Indonesia ini tersedia dalam beberapa bentuk media termasuk gambar atau video dari CCTV, laporan teks dari masyarakat melalui SMS, mobile web dan Twitter, serta data kemacetan yang dituangkan di peta.

Agar lebih memudahkan, situs ini pun bisa diakses tak hanya melalui PC, tetapi juga notebook, tablet, dan segala merek ponsel.

Rupanya, ini menarik perhatian Netexplorateur memberikan penghargaan kepada LewatMana.com. Netexplorateur, sebuah organisasi yang di dukung oleh The Senat dan Prime Minister di Prancis memasukkan LewatMana.com ke dalam daftar 10 pemenang Netexplorateur Award of The Year 2011.

Untuk diketahui, ajang tahunan ini memilih 100 kasus pengunaan teknologi paling menarik di seluruh dunia. Tentunya, kandidat yang terpilih harus dinilai potensial mengubah cara masyarakat berkomunikasi, bekerja, belajar dan hidup melalui teknologi.

Berlangsung di markas besar UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) di Paris, Prancis, 3 Februari 2011, LewatMana.com yang diwakili Hendry, sang pendiri situs, memberikan presentasi dan mendapat ucapan selamat dari perwakilan tetap Indonesia di UNESCO yang juga hadir dalam acara tersebut.

"Ini merupakan kebanggaan kami sebagai putra bangsa Indonesia yang terpilih menjadi pemenang dan pembicara pertama dari Asia Tenggara," ujar Hendry melalui keterangannya kepada detikINET, Rabu (16/2/2011).

Dikatakan olehnya, alasan terpilih menjadi pemenang yakni melalui penilaian tiga kriteria, diantaranya keaslian ide, dampak terhadap masyarakat dan role model.

"Sekarang ini di dunia memang belum ada Traffic Information Solution yang
berbasiskan society seperti LewatMana.com. Mungkin kalau monitor lalu lintas memakai CCTV sudah banyak, tapi yang model society-based solution belum ada," kata Hendry.

Menurutnya, keaslian ide LewatMana.com menyumbangkan cukup banyak poin penilaian. Selain itu, dampak kepada masyarakat dinilai cukup signifikan karena tujuannya yang membantu masyarakat menghadapai masalah kemacetan.

Namun perjuangan belum berakhir, setelah terpilih pada daftar 10 pemenang, pada tahap final nanti, LewatMana.com masih harus bersaing dengan sembilan pemenang lainnya untuk dipilih juri menjadi pemenang utama. (rns/wsh)