Jumat, 13 Agu 2010 17:33 WIB

Google Chrome 6 Beta Diklaim Lebih Cepat dan Aman

- detikInet
Jakarta - Chrome 6 Beta baru saja resmi dirilis ke pasaran. Browser besutan Google ini diklaim memiliki kecepatan yang sedikit lebih baik dari pendahulunya dan dilengkapi sejumlah fitur baru.

Dikutip detikINET dari The Register, Jumat (13/8/2010), Chrome 6 Beta disebut 15% lebih kencang dari versi sebelumnya pada benchmark V8 dan SunSpider. Versi ini juga diklaim 64% lebih sempurna pada Dromaeo DOM Core Tests oleh Mozilla.

"Pada hari peluncuran Google Chrome beta ini, kami memperkenalkan sejumlah fitur beta baru yang selanjutnya akan meningkatkan kemudahan penggunaan Chrome dan kecepatannya," ujar teknisi software Google, James Hawkins.

Salah satu fitur baru yang ada pada Chrome versi tergress ini adalah Autofill. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk mengisi formulir di website secara otomatis dengan informasi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan nomor kartu kredit. Nantinya Autofill juga memungkinkan pengguna untuk mengisi formulir yang panjang di website hanya dengan beberapa klik saja.

Untuk alasan keamanan, Chrome secara default akan menyimpan informasi pribadi pengguna kecuali pengguna memutuskan untuk membaginya dengan website. Informasi mengenai kartu kredit juga tidak pernah disimpan tanpa izin eksplisit dari pengguna.

Kemampuan sinkronisasi Chrome 6 Beta juga diklaim lebih baik. Pengguna dapat mensinkronkan ekstensi Chrome dan data Autofill (tidak termasuk nomor kartu kredit) melalui akun Google. Fitur snkronisasi Chrome juga membuat kita dapat mengakses bookmark, preferensi, tema, ekstensi, dan data Autofill dari komputer manapun kita login ke akun Google di Chrome.

Soal tampilan, Chrome versi ini juga lebih sederhana, dengan toolbar atas yang lebih simpel, Omnibox yang lebih dekat, dan semua pilihan diringkaskan ke dalam sebuah menu tunggal. Jika berminat mencoba cita rasa baru Chrome ini, silakan mengunduhnya di sini.



(feb/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com