Mengenal Calon Menristek Baru Kabinet SBY

Mengenal Calon Menristek Baru Kabinet SBY

- detikInet
Senin, 19 Okt 2009 11:09 WIB
Jakarta - Suharna Surapranata, Ketua Majelis Pertimbangan Partai, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), telah dipanggil ke Cikeas untuk menemui Presiden pada akhir pekan lalu. Suharna menyatakan diajak berbicara soal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Meski belum diumumkan secara resmi, Suharna agaknya akan diposisikan sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) menggantikan posisi Kusmayanto Kadiman, Menristek saat ini.

Apa latar belakang Suharna? Berikut hasil penelusuran detikINET, Senin (19/10/2009), dari beberapa sumber.

Selain aktif di PKS, Suharna dikenal sebagai pendiri Yayasan Nurul Fikri. Dikenal dengan NF, yayasan ini bergerak di bidang pendidikan baik formal (sekolah) maupun informal (lembaga pendidikan dan bimbingan belajar).

Halaman Facebook Suharna bisa diakses oleh umum dan menampilkan latar belakangnya. Disebutkan bahwa Suharna merupakan alumni Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Indonesia (1978).

Kemudian, Suharna melanjutkan pendidikan ke University of Tsukuba, Jepang, dengan bidang Computer Science (1986). Suharna juga memperdalam ilmunya dengan mempelajari Teknik Fisika di Institut Teknologi Bandung (1991).

Selain itu, Suharna dikatakan pernah aktif pada lembaga Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Sedangkan dari sisi pribadi, pria kelahiran 1955 ini mencantumkan dua orang anak pada halaman Facebook-nya.

Melihat latar belakangnya, Suharna agaknya memang punya amunisi yang cukup untuk menjadi Menristek. Meski masuk dari 'jalur politik', Suharna terlihat punya latar belakang riset yang cukup menjanjikan.

(wsh/ash)