Kecepatan Puncak Internet Indonesia Ranking 4 Dunia

Kecepatan Puncak Internet Indonesia Ranking 4 Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 16 Des 2016 11:35 WIB
Foto: Gettyimages
Jakarta - Kecepatan koneksi internet di Indonesia terus menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Dalam penelitian terbaru oleh perusahan content delivery Akamai untuk kuartal III 2016, Indonesia mampu bersaing dalam hal kecepatan internet puncak rata-rata atau average peak connection speed.

Dengan kecepatan puncak rata-rata mencapai 99,3 Mbps, Indonesia menempati posisi keempat dunia. Ya ranking empat, hanya kalah dari Singapura, Hong Kong dan Korea Selatan seperti telihat dalam bagan di bawah ini.

Dari kuartal sebelumnya, kecepatan internet puncak rata-rata Indonesia naik 8,1% dan 220% dibanding tahun sebelumnya. "Indonesia memiliki peningkatan terbesar," demikian pernyataan singkat dari Akamai.

Memang pencapaian itu cukup baik walaupun jangan terlalu senang dulu. Karena kecepatan internet rata-rata yang berarti lebih banyak dialami dalam keseharian user tetap berada di posisi bawah.
Kecepatan Puncak Internet Indonesia Ranking 4 DuniaFoto: Istimewa

Dalam laporan Akamai, Indonesia berada di posisi ke 71 secara global dengan kecepatan koneksi rata rata atau average connection speed 6,4 Mbps. Tapi memang ada peningkatan pesat sebesar 9,1% dari kuartal sebelumnya dan 115% dari tahun lalu.
Kecepatan Puncak Internet Indonesia Ranking 4 DuniaFoto: Istimewa

Belakangan, posisi Indonesia memang semakin membaik dalam kategori ini. Peningkatan semacam ini sudah pernah ditorehkan oleh Indonesia di periode sebelumnya. "Indonesia, dengan peningkatan 115%, lagi-lagi menjadi satu-satunya negara dengan lonjakan lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya," sebut Akamai.

Dalam laporan ini, negara yang memiliki kecepatan internet rata-rata tertinggi adalah Korea Selatan dengan 26,3 Mbps. Negeri Ginseng ini memang langganan soal koneksi internet tercepat. (fyk/rns)