Samsung Pamer Prototipe HP Layar Lipat yang Bisa Diputar 360 Derajat

Samsung Pamer Prototipe HP Layar Lipat yang Bisa Diputar 360 Derajat

ADVERTISEMENT

Samsung Pamer Prototipe HP Layar Lipat yang Bisa Diputar 360 Derajat

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 22 Jan 2023 12:04 WIB
Prototipe HP layar lipat Samsung bisa diputar 360 derajat
Samsung Pamer HP Layar Lipat yang Bisa Diputar 360 Derajat Foto: Samsung Display
Jakarta -

Samsung memamerkan prototipe ponsel layar lipat baru yang cukup unik. Pasalnya layar ponsel itu bisa dilipat ke dua arah hingga 360 derajat.

Samsung Display, anak perusahaan yang bertugas memproduksi layar untuk perangkat Samsung, mendemonstrasikan prototipe tersebut di ajang CES 2023. Prototipe display itu bernama 'Flex In & Out' yang bisa berputar 360 derajat, artinya bisa dilipat ke luar dan ke dalam.

Tidak hanya memiliki mekanisme yang unik, display ini juga menggunakan desain engsel yang berbeda sehingga menghasilkan layar dengan tanda lipatan yang tidak begitu terlihat.

Prototipe HP layar lipat Samsung bisa diputar 360 derajatPrototipe HP layar lipat Samsung bisa diputar 360 derajat Foto: Samsung Display

Desain engsel yang digunakan bernama 'water-drop hinge' yang memiliki bentuk lebih longgar saat ponsel dilipat ke dalam. Engsel ini juga akan mengurangi tekanan pada layar.

Tidak hanya itu, desain engsel tetesan air ini juga membuat kedua layar ponsel bisa ditutup dengan lebih rapat tanpa ada celah di dekat engselnya, seperti yang bisa dilihat di gambar berikut ini.

Prototipe HP layar lipat Samsung bisa diputar 360 derajatDesain engsel baru (bawah) dengan Galaxy Z Fold di atasnya Foto: Samsung Display

Ini bukan pertama kalinya Samsung Display memamerkan prototipe ponsel layar lipat yang bisa dilipat ke segala arah. Pada tahun 2021, vendor asal Korea Selatan ini juga menampilkan display 'Flex In & Out) di ajang International Meeting for Information Display.

Namun, pendekatan desainnya berbeda karena versi tersebut memiliki layar yang bisa dilipat seperti huruf 'S' dan layarnya dibagi dalam beberapa segmen, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (21/1/2023).

Tentu saja display ini baru sekedar prototipe, tapi bukan tidak mungkin layar model baru ini akan muncul di Samsung Galaxy Z Fold 5. Ponsel layar lipat generasi kelima itu dirumorkan akan hadir dengan layar yang minim bekas lipatan berkat desain engsel tetesan air.

Saat ini Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 masih menggunakan desain engsel 'U' yang membuat bekas lipatan di layar lebih kentara. Padahal ponsel layar lipat pesaing seperti Oppo Find N2 dan Motorola Razr generasi tiga sudah menggunakan desain engsel tetesan air.



Simak Video "Bocoran dari Samsung soal Seri Galaxy S yang Rilis Bulan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT