Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan

Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan

ADVERTISEMENT

Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 16 Jan 2023 11:45 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 4
Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Samsung Galaxy Z Fold 5 sepertinya akan memperbaiki satu hal yang banyak dikeluhkan pengguna ponsel layar lipat. Rumor menyebutkan Galaxy Z Fold 5 akan hadir dengan layar yang minim kerutan.

Menurut laporan dari Naver, Samsung akan mengadopsi engsel dengan desain 'droplet'. Engsel gaya baru ini memungkinkan layar membentuk seperti tetesan air saat ditutup, sehingga lengkungan layar tidak terlalu ekstrem dan tidak meninggalkan lipatan.

Setelah merilis empat generasi ponsel layar lipat, Samsung tentu sudah membawa banyak peningkatan untuk meminimalkan lipatan di layar utama. Tapi lipatan itu masih terlihat Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4.

Samsung sendiri saat ini menggunakan engsel berbentuk 'U' untuk Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 yang membuat sudut lipatan lebih tajam saat ditutup. Engsel ini menciptakan lipatan yang lebih kentara di layar dan memberikan tekanan lebih pada display.

Samsung juga menjadi satu-satunya vendor ponsel layar lipat yang masih menggunakan desain engsel 'U'. Vendor ponsel lainnya termasuk Oppo dan Motorola sudah mengadopsi engsel desain droplet untuk mengatasi masalah lipatan di layar.

Laporan Naver itu juga mengungkap bahwa Samsung pernah mematenkan desain engsel droplet pada tahun 2016. Tidak diketahui kenapa Samsung tidak kunjung menggunakan desain tersebut, tapi kemungkinan karena vendor ponsel asal Korea Selatan itu ingin menunggu sampai bisa membuat desainnya mendukung rating IPX8 untuk water resistance.

Paten engsel droplet yang didaftarkan SamsungPaten engsel droplet yang didaftarkan Samsung Foto: Naver

Fitur water resistance sendiri sudah tersedia sejak Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 yang rilis tahun 2021. Fitur ini tentu bisa membuat ponsel layar lipat Samsung lebih unggul, mengingat Oppo Find N2 dan Motorola Razr tidak memiliki rating tahan air, seperti dikutip dari The Verge, Senin (16/1/2023).

Selain tanda lipatan yang lebih minimal, Naver mengatakan Samsung Galaxy Z Fold 5 akan memiliki desain yang bisa membuat dua layar tertutup lebih rapat. Saat ini Galaxy Z Fold 4 masih memiliki sedikit celah di dekat bagian engsel saat layar ditutup.

Belum diketahui apakah engsel gaya baru ini juga akan hadir di Galaxy Z Flip 5. Kita tunggu saja informasi resminya saat Samsung merilis Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 yang biasanya dilakukan pada bulan Agustus.



Simak Video "Bocoran dari Samsung soal Seri Galaxy S yang Rilis Bulan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT