Apple Garap Headset VR Terjangkau, Harganya Rp 22 Jutaan

Apple Garap Headset VR Terjangkau, Harganya Rp 22 Jutaan

ADVERTISEMENT

Apple Garap Headset VR Terjangkau, Harganya Rp 22 Jutaan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 19 Jan 2023 18:16 WIB
Attractive young woman adjusting her VR headset and smiling while sitting at home
Apple Garap Headset VR Terjangkau, Harganya Rp 22 Jutaan Foto: (Dok. Thinstock)
Jakarta -

Headset AR/VR dari Apple masih belum kunjung diluncurkan meskipun telah dibocorkan sejak lama. Bahkan Apple dikabarkan sedang mengembangkan headset mixed reality dengan harga yang lebih terjangkau.

Menurut laporan Bloomberg dan The Information, headset mixed reality flagship dari Apple akan dijual dengan harga USD 3.000 atau sekitar Rp 45 jutaan. Headset itu akan menggabungkan hardware VR khusus dengan chip Apple M2, sama seperti yang digunakan MacBook Pro dan Mac Mini baru.

Headset ini juga akan mengusung sejumlah sensor dan kamera, lengkap dengan display internal 4K untuk masing-masing mata. Namun, developer Apple juga sedang mengerjakan headset mixed reality dengan fitur lebih sederhana dan harga lebih terjangkau.

Headset dengan harga lebih terjangkau itu akan memiliki layar dengan resolusi lebih rendah. Engineer Apple juga mempertimbangkan untuk menggunakan lebih sedikit kamera dan prosesor yang lebih lambat agar tidak memerlukan kipas internal.

Pengguna headset terjangkau ini mungkin harus mengatur field of view-nya secara manual karena Apple mungkin tidak akan menyertakan motor khusus. Apple juga mungkin tidak akan melengkapi headset ini dengan chip wireless H2 yang membuatnya bisa lebih kompatibel dengan AirPods.

Karena fitur-fitur yang diusung tidak semutakhir headset flagship, headset mixed reality terjangkau ini kemungkinan akan dibanderol dengan harga terjangkau. Headset itu mungkin akan dilepas dengan harga USD 1.500 (Rp 22 jutaan) atau setara dengan harga headset Quest Pro milik Meta.

Headset mixed reality murah itu masih dalam tahap awal pengembangan dan Apple masih belum membuat prototipenya. Menurut laporan Bloomberg tim Technology Development Group yang diisi 1.000 karyawan Apple sedang mengembangkan dua headset tersebut, seperti dikutip dari Engadget, Kamis (19/1/2023).

Bloomberg sebelumnya melaporkan headset mixed reality flagship dari Apple akan diluncurkan pada musim semi tahun ini. Sementara itu versi murahnya akan diluncurkan pada tahun 2024 atau 2025.

Karena strategi baru ini, rencana Apple untuk merilis kacamata AR yang ringan harus ditunda. Perusahaan besutan Steve Jobs ini awalnya ingin menciptakan kacamata AR yang bisa menggantikan iPhone, namun saat ini pengembangannya justru mandek dan tidak diketahui apakah perangkat itu akan diluncurkan.

Simak Video 'Apple Siapkan Headset Mixed Reality Harga Terjangkau':

[Gambas:Video 20detik]



(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT