Apple TV dan Apple Music Merambah Microsoft Store

Apple TV dan Apple Music Merambah Microsoft Store

ADVERTISEMENT

Apple TV dan Apple Music Merambah Microsoft Store

Anggoro Suryo - detikInet
Senin, 16 Jan 2023 12:46 WIB
Lenovo Windows 11
Apple TV dan Apple Music Merambah Microsoft Store (Foto: dok Lenovo)
Jakarta -

Setelah bertahun-tahun tak tersedia di Windows, Apple akhirnya memboyong aplikasi Apple Music dan Apple TV ke Microsoft Store.

Kedua layanan Apple tersebut sebelumnya hanya bisa dinikmati di Windows lewat iTunes, baik aplikasi ataupun browser. Namun kini aplikasinya sudah tersedia di Microsoft Store.

Selain itu Apple juga punya satu aplikasi baru untuk Windows, yaitu Apple Devices, di mana pengguna bisa mengatur perangkat Apple-nya dari PC berbasis Windows, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Senin (16/1/2023).

Sebenarnya kemunculan tiga aplikasi ini tak terlalu mengejutkan, karena pada acara Surface 2022 lalu, Microsoft memang sudah mengumumkan kalau aplikasi tersebut bakal hadir di Windows 11.

Namun memang Apple tampaknya memang butuh waktu yang cukup lama untuk mengembangkan aplikasi ini. Sebabnya mereka sudah mulai merekrut engineer untuk membuat aplikasi di Windows sejak November 2019 lalu.

Dalam deskripsi lowongan pekerjaannya saat itu Apple menyebut mereka mencari pengembang software untuk membangun aplikasi media generasi selanjutnya di Windows.

Untuk saat ini tampaknya tiga aplikasi Apple tersebut hanya bisa diinstal di Windows 11 Build 22621. Aplikasi Apple TV berfungsi layaknya aplikasi serupa di smart TV, sementara untuk Apple Music untuk saat ini tidak dilengkapi fitur lirik, namun di macOS pun Apple Music tidak punya fitur lirik.

Sementara aplikasi Apple Devices tampaknya diposisikan menjadi pengganti fitur sync dan backup yang sebelumnya ada di iTunes. Jadi pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk membackup data dari perangkat Apple, menyinkronisasikan media, ataupun memulihkan firmware.

iTunes sendiri sudah mulai diganti dengan bermacam aplikasi terpisah sejak Apple merilis macOS Catalina. Namun langkah tersebut baru dilakukan di macOS, sementara di Windows, iTunes masih berfungsi karena belum ada penggantinya.

Alhasil pengguna layanan Apple TV dan Apple Music harus memakai browser untuk mengakses layanan tersebut.



Simak Video "Windows 11 Uji Coba 3 Aplikasi Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT