Mau Bikin MacBook dengan Layar Sentuh, Apple?

Mau Bikin MacBook dengan Layar Sentuh, Apple?

ADVERTISEMENT

Mau Bikin MacBook dengan Layar Sentuh, Apple?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 12 Jan 2023 16:04 WIB
MacBook Pro
Mau Bikin MacBook dengan Layar Sentuh, Apple? Foto: Apple
Jakarta -

Apple dilaporkan sedang mengembangkan perangkat Mac dengan layar sentuh atau touch screen. Padahal sebelumnya mereka selalu menentang ide tersebut.

Menurut laporan jurnalis Mark Gurman dari Bloomberg, Apple mungkin akan merilis MacBook Pro dengan layar sentuh pada tahun 2025. Laptop ini mungkin akan menggunakan panel OLED, bukan Mini LED seperti yang digunakan MacBook Pro 14 dan 16 inch saat ini.

Proyek ini sepertinya masih dalam tahap awal pengembangan, tapi Gurman menegaskan bahwa engineer Apple secara aktif mengerjakan perangkat tersebut.

Gurman juga menekankan bahwa Apple belum memiliki rencana final untuk meluncurkan Mac dengan layar sentuh, dan rencana itu bisa saja berubah. Apple memang pernah beberapa kali membatalkan proyeknya, dan mereka pernah membuat prototipe Mac dengan layar sentuh yang tidak pernah dirilis.

Gurman mengatakan MacBook Pro dengan layar sentuh itu akan hadir dengan sederet pembaruan lainnya, tapi tetap mengusung form factor yang sama seperti laptop tradisional. Bedanya, layar MacBook tersebut bisa disentuh seperti layar iPad atau iPhone, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (12/1/2023).

Mac pertama dengan layar sentuh kemungkinan tetap menggunakan sistem operasi MacOS, karena Apple tidak berencana menyatukan iPadOS dan MacOS.

Jika MacBook dengan layar sentuh ini jadi dirilis, maka Apple akan menentang prinsip yang sudah lama mereka pegang. Pendiri Apple Steve Jobs bahkan pernah mengkritik komputer dengan layar sentuh dan perangkat lainnya dengan stylus karena dianggap tidak ergonomis.

"Permukaan sentuh tidak ingin menjadi vertikal. Setelah waktu yang lama, lenganmu akan patah," kata Jobs saat meluncurkan iPad pada tahun 2010.

Alih-alih mengenalkan layar sentuh di laptop, Apple justru menyisipkan Touch Bar di MacBook sejak tahun 2016. Namun desain itu ditinggalkan sejak peluncuran MacBook Pro 14 dan 16 inch pada tahun 2021.



Simak Video "Apple Rilis Macbook Pro dengan Chip M2 Pro dan M2 Max "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT