Windows 7 dan 8.1 Pensiun Hari Ini, Bagaimana Nasib Pengguna?

Windows 7 dan 8.1 Pensiun Hari Ini, Bagaimana Nasib Pengguna?

ADVERTISEMENT

Windows 7 dan 8.1 Pensiun Hari Ini, Bagaimana Nasib Pengguna?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 10 Jan 2023 18:46 WIB
LONDON, ENGLAND - OCTOBER 21:  A computer store employee stacks copies of Microsofts new operating system Windows 7 ahead of its official launch at midnight tonight on October 21, 2009 in London, England. Microsofts much-anticipated version of its Windows operating system for PCs aims to eradicate many of the problems associated with its predecessor Vista.  (Photo by Oli Scarff/Getty Images)
Windows 7 dan 8.1 Dipensiunkan Hari Ini, Bagaimana Nasib Pengguna? Foto: Oli Scarff/Getty Images
Jakarta -

Microsoft resmi menghentikan dukungan resmi untuk Windows 7 dan Windows 8.1 mulai hari ini. Lantas bagaimana nasib jutaan pengguna setianya?

Microsoft sebenarnya sudah menghentikan dukungan Windows 7 pada Januari 2015 dan Windows 8.1 Januari 2018. Namun pengguna masih bisa membeli Extended Security Update (ESU) untuk tetap menerima dukungan resmi dari Microsoft.

Namun perpanjangan itu sudah berakhir. Mulai 10 Januari 2023, Windows 7 dan Windows 8.1 akan memasuki akhir masa dukungannya. Perangkat yang menjalankan sistem operasi tersebut masih bisa digunakan seperti biasa namun tidak akan menerima dukungan resmi dari Microsoft berupa:

  • Dukungan teknis untuk masalah apapun
  • Update software
  • Update atau perbaikan keamanan

Meski perangkat dengan Windows 7 dan Windows 8.1 masih bisa dijalankan seperti biasa, Microsoft memperingatkan bahwa perangkat yang tidak menerima update software atau keamanan jadi lebih berisiko terinfeksi virus atau malware.

Perusahaan besutan Bill Gates itu pun menyarankan pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 untuk memperbarui sistem operasi perangkatnya ke Windows 10 jika memungkinkan atau upgrade ke perangkat baru yang mendukung Windows 11.

"Sebagian besar perangkat Windows 7 tidak akan memenuhi persyaratan hardware untuk upgrade ke WIndows 11, sebagai alternatif, PC Windows 7 yang kompatibel bisa di-upgrade ke Windows 10 dengan membeli dan menginstal software versi penuh," kata Microsoft, seperti dikutip dari Livemint, Selasa (10/1/2023).

"Sebelum investasi untuk upgrade Windows 10, harap pertimbangkan bahwa Windows 10 akan mencapai akhir masa dukungannya pada 14 Oktober 2025," sambungnya.

Windows 7 sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2009 dan 14 tahun kemudian sistem operasi ini masih populer. Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2021, masih ada sekitar 100 juta perangkat yang menjalankan Windows 7.

Survei Lansweeper yang melibatkan 27 juta perangkat Windows juga menemukan lebih banyak perangkat yang menjalankan Windows XP, Windows 7, atau Windows 8 ketimbang Windows 11.



Simak Video "Bye! Windows 7 dan 8 Bakal Pensiun"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT