Tak Cuma iPhone, Produksi iPad Bakal Pindah ke Luar China

Tak Cuma iPhone, Produksi iPad Bakal Pindah ke Luar China

ADVERTISEMENT

Tak Cuma iPhone, Produksi iPad Bakal Pindah ke Luar China

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 06 Des 2022 19:15 WIB
iPad 10
Produksi iPad Bakal Diboyong ke India? Foto: Apple
Jakarta -

Rencana Apple untuk memindahkan pabrik-pabriknya dari China ternyata tak terbatas untuk iPhone, melainkan juga untuk iPad, yang kabarnya bakal diproduksi di India.

Dilansir CNBC, Selasa (6/12/2022), Apple tengah menjajaki rencana pemindahan produksi iPad-nya dari China ke India. Hal ini diketahui dari dua orang sumber yang ada di dalam pemerintahan India.

Apple saat ini disebut sedang berdiskusi secara intens dengan pemerintah India, namun belum ada rencana konkrit dari hasil diskusi tersebut. Namun jika diskusinya sukses, Apple bakal punya pabrik yang lebih banyak di India.

Ini karena sebelumnya Apple -- tepatnya Foxconn dan mitra Apple lain -- sudah punya pabrik iPhone di India, yang meski awalnya hanya memproduksi iPhone generasi lama, kini sudah mulai memproduksi iPhone terbaru, yaitu iPhone 14.

Niat Apple memboyong pabrik-pabriknya dari luar China ini dilakukan sebagai reaksi atas berbagai demonstrasi yang terjadi berbagai daerah di China selama dua minggu ke belakang. Demonstrasi tersebut memprotes berbagai aturan lockdown terkait kebijakan zero-covid yang diterapkan oleh China.

Akibat dari berbagai demonstrasi tersebut, termasuk aksi demo di pabrik iPhone milik Foxconn, banyak analis memprediksi kalau pasokan iPhone selama musim liburan (akhir tahun) 2022 bakal terganggu.

The Wall Street Journal melaporkan Apple sudah melirik dua negara untuk ekspansi produksi iPhone yaitu India dan Vietnam. Apple memang sudah memiliki basis produksi dengan mitra supply chain di dua negara tersebut.

Apple sudah memproduksi beberapa varian iPhone lawas di India dan Brasil. Sementara itu Vietnam merupakan rumah bagi pabrik Luxshare dan Inventec, dua mitra perakit utama Apple untuk memproduksi AirPods dan HomePods.

Tapi Apple masih sangat bergantung pada China, terutama pada pabrik Foxconn yang berada di Zhenzghou dan Shenzhen. Foxconn sendiri memproduksi sekitar 70% dari total iPhone yang dipasarkan di seluruh dunia.

Untuk memindahkan produksi iPhone dari China bukan sesuatu yang cepat dan mudah. Infrastruktur dan murahnya harga tenaga kerja di China sulit ditemukan di negara lain dan harus dibangun secara bertahap untuk memenuhi permintaan iPhone yang terus meningkat.



Simak Video "iPad 10 Sudah Mejeng di Situs iBox, Segini Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT