Dramatis! iPhone 14 Selamatkan Nyawa Pria Terdampar di Alaska

Dramatis! iPhone 14 Selamatkan Nyawa Pria Terdampar di Alaska

ADVERTISEMENT

Dramatis! iPhone 14 Selamatkan Nyawa Pria Terdampar di Alaska

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 05 Des 2022 07:20 WIB
Fitur Darurat iPhone 14
Fitur SOS Darurat Satelit iPhone 14 Selamatkan Nyawa Pengguna. Foto: Apple
Jakarta -

Fitur SOS darurat satelit yang Apple sempatkan pada iPhone 14 bukan sekadar gimmick jualan. Terbukti fitur tersebut telah menyelamatkan pengguna yang terlantar di area antah berantah di Alaska, AS baru-baru ini.

Dilansir dari MacRumors, Senin (5/12/2022), pada dini hari tanggal 1 Desember 2022, Tim SAR Negara Bagian Alaska menerima peringatan bahwa ada seorang pria mengalami masalah saat melakukan perjalanan dengan kereta luncur dari Noorvik ke Kotzebue.

Dia terjebak di lokasi terpencil dengan cuaca buruk. Malangnya lagi di sana tidak terjangkau sinyal seluler maupun WiFI sehingga dia tidak bisa menghubungi siapapun untuk mendapatkan bantuan.

Untungnya si pria menggunakan iPhone 14. Dia dengan cepat mengaktifkan fitur SOS darurat melalui satelit untuk memberitahukan pihak berwenang tentang kondisinya saat itu.

Pusat Tanggap Darurat Apple langsung bekerja dengan tim SAR lokal. Mereka kemudian menghubungi Koordinator SAR Regional Arktik Barat Laut untuk meminta mengirimkan tim ke koordinat GPS yang diterima dari peringatan darurat.

Pria tersebut dapat diselamatkan tanpa terluka. Beruntung dia berada di daerah yang terdapat sambungan satelit. Apple mengatakan bahwa koneksi satelit mungkin tidak berfungsi di tempat di atas garis lintang 62°.

Pasukan yang membantu penyelamatan mengaku terkesan dengan keakuratan dan kelengkapan informasi yang termasuk dalam peringatan awal, dengan fitur SOS Darurat melalui Satelit.

Seperti diketahui Satelit Darurat melalui SOS tersedia untuk semua pengguna iPhone 14, dan dapat diaktifkan saat situasi darurat terjadi dan tidak tersedia koneksi WiFi atau seluler. Fitur ini gratis untuk digunakan selama dua tahun, dan Apple belum memberikan detail berapa biayanya ke depan.

Fitur tersebut mulai bisa digunakan sejak update iOS 16.1. Hanya saja saat ini hanya tersedia di Amerika Utara, segera diperluas ke Prancis, Jerman, Irlandia dan Inggris.



Simak Video "Nasib Apes iPhone 14 Plus"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT