RTX 4080 Tak Laku, Penimbun Kelabakan

RTX 4080 Tak Laku, Penimbun Kelabakan

ADVERTISEMENT

RTX 4080 Tak Laku, Penimbun Kelabakan

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 06 Des 2022 14:40 WIB
Nvidia RTX 4080 dan RTX 4090
Foto: Dok. Nvidia
Jakarta -

Berbeda dengan jajaran RTX 30 keluaran 2021 yang langka di pasaran karena selalu ludes terjual, jajaran RTX 40, tepatnya RTX 4080, nasibnya tak terlalu bagus.

Menurut Techspot, kartu grafis terbaru andalan Nvidia tersebut tak terlalu laku di pasaran dan stoknya di para peritel hampir menumpuk. Hal ini juga berdampak pada para penimbun kartu grafis.

Seperti diketahui, penimbun adalah salah satu masalah besar yang membuat komponen PC langka pada awal pandemi. Yaitu karena mereka memborong stok komponen yang ada dengan berbagai cara, termasuk memakai bot, dan menjualnya kembali dengan harga tinggi.

Namun kini para penimbun itu kena batunya, karena RTX 4080 yang mereka borong karena dianggap bakal laris manis ternyata penjualannya tidak terlalu bagus dan mereka pun kesulitan menjualnya dengan harga lebih tinggi dari harga resmi.

Hal ini terlihat dari lapak-lapak para penimbun di eBay di mana kartu grafis itu terjual itu dengan harga yang nyaris sama dengan harga resmi. Padahal tahun lalu, berbagai jajaran kartu grafis RTX 30 bisa terjual dengan harga mencapai 4x dari harga resminya.

"Pasar tidak seperti yang saya bayangkan," kata seorang penimbun yang menjual enam unit RTX 4080 dari berbagai pabrikan, seperti dikutip VideoCardz.

Alhasil para penimbun pun kelabakan dan berusaha mengembalikan kartu grafis tersebut ke peritel tempat mereka membeli untuk mengurangi kerugian mereka. Namun ternyata ada beberapa peritel yang mengubah klausul pengembalian barang, sehingga para penimbun itu pun tak bisa mengembalikan kartu grafis tersebut.

Sebelumnya, Techspot melakukan observasi soal RTX 4080 yang mereka sebut tak laku ini. Dari pantauan di beberapa peritel, terlihat kalau jajaran kartu grafis ini membutuhkan waktu cukup lama untuk terjual habis, berbeda dengan RTX 4090 yang langsung ludes terjual saat penjualannya dibuka.

Begitu juga kejadiannya di luar AS, misalnya di Eropa RTX 4080 bisa dibeli dengan mudah dan bahkan pembeli bisa memilih kartu grafis dari berbagai OEM yang ada. Ini jauh berbeda dibanding penjualan RTX 30 tahun lalu.

Bahkan salah satu peritel di Australia tak segan menyebut penjualan RTX 4080 ini sangat buruk. Ada juga yang tak yakin bisa menjual habis kartu grafis tersebut karena permintaannya bisa dibilang tidak ada.

Salah satu dugaan mengapa RTX 4080 ini tak laku adalah karena harganya yang tinggi, mencapai USD 1200. Dengan harga setinggi ini, pasar yang diincar adalah pengguna kelas enthusiast yang dengan dana sangat besar, dan bagi kelas ini, tampaknya RTX 4090 adalah opsi yang lebih baik, dengan perbandingan performa dengan harga yang mirip dengan RTX 4080.



Simak Video "Nvidia Pamerkan Model AI, Ubah Lusinan 2D Jadi Adegan 3D"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT