5 Fitur Baru Android, Dari Kolase Sampai Dapur Emoji

5 Fitur Baru Android, Dari Kolase Sampai Dapur Emoji

ADVERTISEMENT

5 Fitur Baru Android, Dari Kolase Sampai Dapur Emoji

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 02 Des 2022 15:59 WIB
FILE PHOTO: A 3D printed Android mascot Bugdroid is seen in front of a Google logo in this illustration taken July 9, 2017. Picture taken July 9, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration - RC1B112FBA80/File Photo
Foto: Dado Ruvic/Reuters
Jakarta -

Google merilis deretan fitur baru yang akan segera diboyong ke Android. Apa saja, dan ada yang menarik nggak ya?

Kolase Google Photos
Salah satu fitur baru itu adalah membuat kolase di Google Photos. Jadi pengguna tak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti PhotoGrid untuk membuat kolase.

Cara pemakaiannya pun mudah. Detikers cukup membuka Photos, pencet dan tahan dua sampai enam foto, lalu tekan tombol "Add to" yang ada di bagian bawah, dan terakhir pilih "collage".

Layout untuk kolase tersebut pun bermacam, dan beberapa di antaranya dibuat oleh seniman yang cukup tenar. Misalnya DABSMYLA dan Yao Cheng Design.

Emoji Kitchen
Ada juga fitur unik seperti Emoji Kitchen, di mana anda bisa menggabungkan dua emoji menjadi menjadi emoji baru yang unik. Pemakaiannya juga mudah, masukkan dua emoji ke kolom pesan di Google Messages, jika kombinasi dua emoji tersebut ada di Emoji Kitchen, maka akan ditampilkan hasil gabungannya.

Reading Mode
Google membuat fitur untuk orang yang mengalami masalah penglihatan dan disleksia, yaitu lewat Android Reading Mode. Lewat fitur ini pengguna bisa mengatur tampilan layar di ponsel Android, juga membacakan teks yang muncul dengan kencang.

Kecepatan membacanya itu bisa diatur, termasuk volume suara pembacaranya. Konten yang ditampilkan pun bisa diatur kontras, warna, dan ukuran font-nya. Untuk memakai fitur ini, anda perlu menginstal aplikasi Reading Mode dari Play Store. Saat aplikasi ini bisa didukung oleh aplikasi yang sedang dipakai, akan muncul ikon spesial pada layar.

Widget YouTube
Dengan widget ini pengguna bisa mengakses library Youtube-nya, melihat daftar video yang ada dari bagian subcriptions, atau juga Shorts. Cara mengaktifkannya seperti widget Android lain, yaitu dengan menekan dan tahan bagian kosong pada layar homescreen, pilih widget, dan pilih widget YouTube.

Cast langsung ke Google TV
Pengguna bisa "mengirim" video langsung dari aplikasi Google TV ke TV yang sedang dipakai dengan satu sentuhan saja. Fungsi ini mirip dengan yang ditawarkan oleh Chromecast, yaitu memilih video di ponsel kemudian mengirimkan dan menontonnya di TV.

Wear OS
Tak cuma Android yang kebagian fitur baru, Wear OS juga punya beberapa fitur baru yang menarik. Salah satunya adalah anda bisa memakai Google Assistant untuk mengaktifkan aplikasi Adidas yang bisa memantau aktivitas olah raga. Total ada 30 jenis olah raga yang bisa dikenali. Cukup bilang, "Hey Google, start a run with adidas running" misalnya, dan aplikasi akan terbuka lalu mencatat kecepatan, jarak, dan detak jantung di smartwatch.



Simak Video "Pengguna Google Play Tembus 2,5 Miliar di 10 Tahun Terakhir "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT