Rahasia Apple Bikin Suara AirPods Pro 2 Naik Kelas

Rahasia Apple Bikin Suara AirPods Pro 2 Naik Kelas

ADVERTISEMENT

Rahasia Apple Bikin Suara AirPods Pro 2 Naik Kelas

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 29 Nov 2022 11:40 WIB
AirPods Pro 2
AirPods Pro 2. Foto: Apple
Jakarta -

AirPods Pro 2 jika dilihat nyaris sama persis dengan AirPods Pro, namun dari ulasan yang ada, kualitas suaranya disebut meningkat secara signifikan. Apa sih rahasianya?

Bentuk earphone kedua TWS tersebut nyaris tak ada beda. Perbedaan yang terlihat, meski tak signifikan, hanya ada pada casingnya. Bahkan keduanya pun masih memakai port Lightning untuk pengisian daya dan sama-sama tak mendukung audio lossless.

Namun kualitas suaranya disebut berbeda cukup jauh, meski tak mendukung audio lossless. Menurut engineer Apple bernama Esge Andersen, rahasianya adalah pada aliran udara.

Dalam wawancara dengan What Hi-Fi, Andersen yang bekerja di tim akustik di Apple menyebut lewat AirPods Pro 2 Apple mau menghadirkan AirPods Max yang bisa dikantongi.

Meski bentuk earphonenya nyaris identik, Apple mendesain ulang lubang ventilasi untuk mengoptimalkan aliran udara dari luar ke driver audio yang ada di dalam earphone. Sebagai informasi, driver ini adalah komponen yang menghasilkan udara di earphone.

"Saat kita membicarakan kualitas suara yang bagus, semuanya bergantung dari bagaimana kita mengalirkan udara dalam produk, yang sebenarnya aneh karena ini bukan membicarakan bentuknya, melainkan bagaimana kita bisa mendesain aliran udaranya," jelas Andersen.

Salah satu fokus tim audio Apple saat menggarap AirPods Pro 2 menurut Andersen adalah bagaimana TWS tersebut bisa meningkatkan suara di frekuensi tinggi, atau treble. Namun pada akhirnya, AirPods pro 2 disebut punya respon suara yang memuaskan baik di frekuensi tinggi ataupun rendah.

Tim itu pun menguji bagaimana perubahan kualitas suara AirPods Pro 2 jika dihubungkan ke perangkat yang berbeda. Bahkan mereka juga punya orang-orang khusus yang dikategorikan "ahli mendengar" untuk menguji kualitas suaranya.

Namun mungkin Andersen dan timnya masih punya tugas berat ke depannya. Yaitu bagaimana mereka bisa menghadirkan audio lossless seperti yang ditawarkan Apple Music ke dalam jajaran perangkat AirPods, demikian dikutip detikINET dari Techradar, Selasa (29/11/2022).



Simak Video "Ini Dia Penantang Baru AirPods Pro Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT