Samsung Galaxy S23 Kabarnya Akan Punya Fitur Komunikasi Satelit

ADVERTISEMENT

Samsung Galaxy S23 Kabarnya Akan Punya Fitur Komunikasi Satelit

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 25 Nov 2022 19:18 WIB
Bocoran wujud Samsung Galaxy S23
Samsung Galaxy S23 Kabarnya Akan Punya Fitur Komunikasi Satelit Foto: OnLeaks/Digit
Jakarta -

Samsung Galaxy S23 series akan diluncurkan dalam hitungan bulan. Ponsel flagship terbaru dari Samsung ini sepertinya akan meniru iPhone 14 dengan menghadirkan fitur komunikasi darurat via satelit.

Kabar ini datang dari media Korea Selatan ETNews yang melaporkan Samsung sudah menggaet Iridium Communications untuk menyediakan koneksi satelit di Galaxy S23 series.

Iridum sendiri memiliki 66 satelit komunikasi di orbit rendah yang akan mentenagai fitur ini. Jumlahnya jauh lebih besar ketimbang 24 satelit komunikasi milik Globalstar yang diandalkan Apple untuk iPhone 14.

Berbeda dengan fitur koneksi satelit di iPhone 14 yang fokus untuk komunikasi darurat saat tidak ada sinyal, Samsung kabarnya ingin menggunakan koneksi satelit di Galaxy S23 untuk transmisi data seperti SMS dan foto berukuran kecil.

Kabarnya Samsung sudah berhasil mengatasi semua tantangan teknis, dan akan menggunakan sistem modem-RF baru yang bisa mendukung komunikasi dengan satelit, seperti dikutip dari XDA Developers, Jumat (25/11/2022).

Jauh sebelum Samsung dan Apple, sudah ada Huawei yang pertama kali menghadirkan fitur komunikasi satelit di Huawei Mate 50. Vendor asal China itu menggunakan satelit Beidou untuk membantu pengguna mengirim dan menerima SMS terbatas dalam kondisi darurat.

Belum diketahui apakah Samsung akan menyediakan fitur komunikasi satelit ini secara gratis untuk semua pengguna, atau mengikuti langkah Apple yang menggratiskan untuk dua tahun pertama sebelum menjadi fitur berbayar.

Samsung Galaxy S23 series sendiri diperkirakan hadir pada Februari 2023. Dari rumor yang beredar, sepertinya ponsel ini tidak akan membawa perubahan desain dan fitur yang terlalu signifikan, tapi tetap mengusung chipset terbaru Snapdragon 8 Gen 2.



Simak Video " iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max Bakal Langka?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT