Asus Zenbook S13 OLED Tawarkan Bodi Ringan dan Prosesor Kencang

Asus Zenbook S13 OLED Tawarkan Bodi Ringan dan Prosesor Kencang

ADVERTISEMENT

Asus Zenbook S13 OLED Tawarkan Bodi Ringan dan Prosesor Kencang

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 01 Nov 2022 16:45 WIB
Asus Zenbook S13 OLED
Asus Zenbook S13 OLED (Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati)
Jakarta -

Asus memboyong dua laptop baru ke Indonesia yang memakai prosesor AMD, salah satunya adalah Zenbook S13 OLED (UM5302).

Dua hal yang dijagokan Asus dari laptop jagoannya ini adalah prosesor kencang dan bodi yang ringan. Prosesor yang mereka pasang di laptop ini adalah AMD Ryzen 7 6800U yang punya delapan core dan 16 thread, dan kecepatan boost hingga 4,7GHz.

Lalu prosesor kencang itu tertanam di bodi laptop yang tipis (14,9mm) dan bobotnya hanya 1,1 kg. Menurut Riandanu Madi Utomo, Technical Public Relation Asus Indonesia, bobotnya ini malah terkadang menjadi kendala.

Asus Zenbook S13 OLEDAsus Zenbook S13 OLED Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

"Kendalanya adalah kadang saya suka lupa kalau di tas ada laptop. Suka gak yakin, apa laptopnya sudah ada di tas atau belum saking ringannya," jelas Danu dalam acara peluncuran laptop ini di Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Lalu prosesornya, menurut Donnie Brahmandhika, Retail Sales Marketing AMD Indonesia, Ryzen 7 6800U ini tak cuma kencang, namun juga hemat daya.

"Hemat daya bukan berarti performanya lelet. Tapi justru AMD bisa membuat prosesor yang kecepatannya lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya, namun dengan konsumsi daya yang lebih efisien," jelas Donnie di acara yang sama.

Donnie juga menjelaskan kalau sebenarnya ada dua varian Ryzen 7 6800U yang tersedia, yaitu dengan thermal design power (TDP) 15W dan 28W. Varian yang dipakai di Zenbook S13 OLED ini adalah varian dengan TDP 15W.

"Yang dipakai adalah 15W karena mungkin Asus lebih mementingkan form factornya, yaitu untuk laptop ultra thin," tambahnya.

Prosesor ini, menurut Donnie, tak cuma kencang kinerja komputasinya. Sektor lain yang diunggulkan di Ryzen 7 6800U ini adalah kartu grafis terintegrasinya yang menggunakan arsitektur RDNA2 seperti di konsol kekinian. Bahkan ia tak segan mengklaim kalau GPU terintegrasi ini adalah yang terkencang di laptop untuk saat ini.

Spesifikasi lain dari Zenbook S13 OLED ini adalah layar OLED NanoEdge berukuran 13,3 inch yang punya resolusi 2.880 x 1.800 pixel dan tingkat kecerahan maksimal 550 nits. Layar ini juga mendukung input sentuhan, punya cakupan warna DCI-P3 100% dan punya sertifikasi VESA dan Pantone. Oh ya, layarnya juga dilapisi Corning Gorilla Glass.



Simak Video "Laptop untuk Dukung Pendidikan Anak Bangsa di Pelosok Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT