Sang Superman Bimbang Pilih GPU AMD atau Nvidia

Sang Superman Bimbang Pilih GPU AMD atau Nvidia

ADVERTISEMENT

Sang Superman Bimbang Pilih GPU AMD atau Nvidia

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 01 Nov 2022 08:33 WIB
Nvidia RTX 4080 dan RTX 4090
Foto: Dok. Nvidia
Jakarta -

Henry Cavill, yang tenar sebagai Superman di Man of Steel, tengah kebingungan untuk meng-upgrade PC gamingnya.

Saat ini Cavill tengah mempertimbangkan untuk membeli RTX 4090, ia sebenarnya belum yakin untuk memakai GPU terbaru Nvidia tersebut karena ia juga masih menunggu perilisan GPU terbaru dari AMD.

"Saya juga masih menunggu kartu AMD untuk dirilis untuk melihat seperti apa perbandingannya dengan Nvidia RTX 4090...hanya waktu yang bisa menjawab spesifikasinya," jelas Cavill saat diwawancara Digital Trends, Selasa (1/11/2022).

RTX 4090 dirilis pada 12 Oktober lalu, dan saat ini sudah mulai dijual. Sementara GPU terbaru AMD baru akan dirilis pada 3 November mendatang. Namun RTX 4090 saat ini mungkin masih belum meyakinkan Cavill, terutama dengan kasus melelehnya konektor power baru yang dipakai di kartu grafis raksasa tersebut.

Sementara untuk CPU, Cavill tampaknya tak terlalu bingung karena ia sudah menetapkan pilihan, setidaknya untuk saat ini. Pilihan CPU untuk upgrade tersebut jatuh ke kubu merah, alias AMD, tepatnya Ryzen 9 7950X dari keluarga Ryzen 7000 yang baru dirilis.

"Saya pikir untuk saat ini saya mungkin tetap akan memilih chip AMD, namun kita lihat nanti ya," jelasnya.

Ia tetap memilih AMD meski sebenarnya cukup kecewa karena prosesor baru itu juga memerlukan motherboard baru. Berbeda dengan prosesor AMD beberapa generasi sebelumnya yang bisa menggunakan socket dan chip motherboard lama.

"Saya agak kecewa saat tahu saya harus membeli motherboard baru dan lainnya," keluh Cavill, senada dengan keluhan banyak perakit PC terhadap prosesor AMD generasi saat ini.

Dari kubu biru, prosesor terbaru Intel seperti Core i9-13900K masih mendukung motherboard generasi sebelumnya. Padahal Intel identik dengan socket dan motherboard baru saat mereka merilis prosesor baru.

AMD Ryzen 7000 sendiri menjadi penanda pertama kalinya AMD mengubah socket untuk motherboardnya dalam enam tahun terakhir.

Sambil menunggu pengambilan keputusan pemilihan komponen untuk upgrade PC, Cavill sudah mulai mencicil upgrade komponen PC-nya, yang sebenarnya masih sangat kencang untuk saat ini.

"Ini masih menjadi PC kelas atas, namun semua akan berubah dalam waktu dekat setelah komponennya datang. Saya baru memebli PSU (power supply) baru dan ini menjadi tantangan karena PSU ini jauh lebih besar dari sebelumnya. Dayanya 1600 (watt)," kilahnya.

Tantangan yang dimaksud Cavill ini adalah karena ia harus mencopot semua kabel, karena ia membutuhkan kabel dengan colokan lebih besar dan baik. Iamenganggap ini sebagai pemanasan sebelum melakukan upgrade besar-besaran nantinya.

"Ini adalah pemanasan untuk bongkar total dan rekonstruksi rig saya nantinya," kata Cavill.

Sebagai informasi, pada akhir Desember 2020, Cavill baru mengupgrade GPU PC-nya dengan RTX 3090 Founder Edition, menggantikan RTX 2080 Ti yang ia pakai saat pertama merakit PC pada Juli 2020.

Berikut adalah spesifikasi PC "Superman" saat itu

  • CPU: AMD Ryzen 9 3900X
  • Motherboard: Asus ROG Crosshair VIII Hero (Wi-Fi)
  • GPU: Nvidia RTX 3090 Founder Edition
  • RAM: G.Skill Trident Z RGB 32GB DDR4-3600 CL16 (2 x 16GB)
  • Pendingin CPU: NZXT Kraken Z73
  • Storage: Samsung 970 Pro 1TB x2
  • PSU: Seasonic Prime TX-1000
  • Casing: Fractal Design Define 7
  • Monitor: Asus PG279Q ROG Swift
  • Keyboard: Razer Huntsman Elite
  • Headset: Steelseries Arctis Pro Wireless

Beberapa komponen di PC-nya itu tentu saat ini sudah diganti, misalnya pendingin prosesornya yang kini memakai solusi all in one (AIO) liquid coller, lengkap dengan kipas Noctua berwarna coklatnya yang khas. Ia juga memuji kinerja kipas tersebut karena suaranya sangat sunyi.

"Si cantik ini berjalan sangat bagus dan sunyi," tulisnya di postingan Instagram.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Henry Cavill Umumkan Tak Akan Kembali Jadi Superman"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT